ASN Wajib Netral tapi Jangan Golput

JAGA NETRALITAS : Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyerahkan secara simbolis SK pensiun PNS dan sertifikat tanah program UKM. Penyarahan itu dilakukan usai memberi instruksi ASN agar menjaga netralitas di Pemilu mendatang.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Jelang pelaksanaan pemilihan umum yang kurang sebulan lagi, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Lumajang diminta untuk tetap menjaga netralitasnya. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, saat menjadi Inspektur Upacara di halaman Pemkab Lumajang, Senin (18/3) tadi.

IKLAN

Bunda Indah, sapaan akrab Wabup, dengan tegas menyampaikan di hadapan para ASN Lumajang agar mematuhi aturan yang melarang keterlibatan ASN dalam politik praktis. Wabup juga mengingatkan supaya ASN tidak ikut melakukan kampanye terhadap salah satu pasangan calon di pilpres, maupun caleg. “Saya ingatkan bahwa ASN dalam menghadapi Pemilu 17 April 2019 harus netral,” pesannya.

Kendati demikian, instruksi Wabup bukan berarti mengindikasikan bahwa para ASN Lumajang harus bersikap pasif dengan tidak ikut serta memberikan hak suaranya di Pemilu. Justru sebagai ASN mereka dituntut untuk tidak golput.

Selain itu, lanjutnya, ASN juga harus memiliki jiwa independen dalam Pemilu tahun ini. Tak hanya itu, dalam menentukan pilihan politiknya ke depan haruslah didasari hati nurani, serta tidak ikut-ikutan ajakan kelompok maupun personal. Ini diharapkannya agar pemimpin yang terpilih nanti amanah dalam membesarkan bangsa. “Gunakan hati nurani saat memilih,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut, turut juga dilakukan penyerahan SK secara simbolis kepada puluhan PNS yang memasuki masa pensiun periode Maret dan April tahun ini. Di samping itu, Bunda Indah juga sempat menyerahkan sertifikat tanah kepada 10 orang melalui program UKM.

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan