Peletakan Batu Pertama Bumi Perkemahan Glagaharum

Siapkan Kawasan Camping dan Glamping

POTONG TUMPENG: Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat melakukan potong tumpeng sebelum melakukan peletakan batu pertama di Bumi Perkemahan Glagaharum (15/6).

KANDANGTEPUS, RADARJEMBER.ID – Tak perlu jauh-jauh jika ingin merasakan camping di Lumajang. Kini, bakal memiliki bumi perkemahan yang luas dan satu-satunya di Jawa Timur. Bumi Perkemahan Glagaharum namanya. Kawasan ini berada di Dusun Glagaharum, Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, dengan luas mencapai kurang lebih sepuluh hektare.
Tak hanya itu, nantinya di lahan tersebut juga akan disiapkan sarana prasarana yang lengkap. Seperti ruang pertemuan, musala, kamar mandi, toilet serta sejumlah fasilitas lainnya. Pengunjung juga bakal dimanjakan dengan beragam tanaman anggrek dan holtikultura, ditambah pepohonan langka yang khas.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap, pembangunan Bumi Perkemahan Glagaharum ini dapat menjadi alternatif pilihan penyelenggaraan kegiatan pramuka tingkat nasional. Sebab, secara geografis, lokasinya yang terletak di dataran tinggi itu sangat mendukung.
“Saya yakin tempat bumi perkemahan yang akan dimiliki satu-satunya di Jawa Timur ini perlahan akan mejadi tempat alternatif. Selanjutnya bahkan kegiatan tingkat nasional akan digelar disini, letak geografisnya sangat mendukung,” ujarnya usai peletakan batu pertama, Senin (15/6).
Sementara itu Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menjelaskan, sarana prasarana yang memadai juga bakal dibangun di dalam bumi perkemahan tersebut. Sehingga harapannya dengan keberadaan lahan yang nantinya dijadikan sebagai kegiatan pramuka dapat mengerek perekonomian warga setempat.
“Akan dibangun juga wahana outbound, glamping (glamour camping) serta rest area. Bumi perkemahan dengan luas sepuluh hektare ini juga dikelilingi oleh tanaman kaliandra dan bambu kuning. Adanya Bumi Perkemahan ini, insyaallah perekonomian akan tumbuh di desa ini tentu harapannya,” pungkasnya. (kl)

IKLAN
Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Atieqson Mar Iqbal
Fotografer: Istimewa