Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Boleh Gelar Resepsi Pernikahan

DITROTUNAN, Radar Semeru – Pemerintah Kabupaten Lumajang akhirnya merilis pedoman kegiatan kemasyarakatan, yang mengatur kegiatan masyarakat di masa new normal. Pedoman ini diwujudkan dalam Peraturan Bupati.
Terdapat sejumlah kegiatan yang mulai diatur, di antaranya meliputi kegiatan keagamaan baik di dalam maupun di luar tempat ibadah. Kemudian sosial dan budaya, kegiatan olahraga, dan kegiatan resepsi pernikahan. Termasuk kegiatan kesenian, kegiatan komunitas dan agenda lain yang menghadirkan banyak orang atau keramaian.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, secara garis besar seluruh kegiatan tersebut harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Paling utama menjaga kebersihan. Selain itu juga ada beberapa pembatasan-pembatasan mengenai persentase jumlah orang yang hadir dalam kegiatan masyarakat.
Termasuk menggelar resepsi pernikahan. Dirinya menegaskan, acara resepsi dapat digelar dengan memperhatikam sejumlah aturan. Seperti tamu undangan paling banyak 50 persen dari kapasitas tempat acara. Baik dilakukan dalam gedung maupun outdoor. “Wajib seluruhnya pakai masker dan paling lama hanya tiga jam,” tegasnya
Selain itu, pengaturan ini juga diterapkan dalam kegiatan keagaman. Rumah ibadah harus menyediakan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan, sekaligus rutin melakukan pembersihan secara berkala. “Termasuk membatasi jumlah pintu jalur keluar masuk rumah ibadah,” ujarnya.
Sedangkan pelaksanaan kegiatan keagamaan di luar rumah ibadah tidak diperkenankan menghadirkan peserta maupun undangan pengisi maupun penceramah dari luar kota. Bahkan paling lama kegiatan itu tidak boleh lebih dari tiga jam dengan didampingi personil TNI-POLRI. (kl)

IKLAN

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti