Minta Desa Akomodir Seluruh Warga Terdampak

INGATKAN: Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat menyerahkan BLT DD pada warga terdampak. Harapannya desa bisa memaksimalkan pagu pe BLT DD sesuai di lapangan.

BESUK.RADARJEMBER.ID- Pemerintah Kabupaten Lumajang merespons cepat banyaknya desa yang belum memenuhi pagu estimasi penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Bahkan, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati terjun langsung mengingatkan agar desa menggunakan pagu estimasi secara maksimal.

IKLAN

Wabup Indah mendatangi beberapa desa. Di antaranya Desa Besuk dan Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh. Dua desa tersebut didapati masih belum memenuhi pagu estimasi penerima sesuai kekuatan DD. Pagu tersebut harapannya segera dipenuhi. Namun dengan catatan, tidak boleh tumpang tindih dengan penerima bantuan lainnya.

Bunda Indah sapaan akrabnya menjelaskan, pemerintah desa segera memasukkan warga yang terdampak dan membutuhkan agar menjadi penerima BLT DD. Jika terjadi kesalahan data penerima, pemerintah desa bisa melakukan perubahan dengan melaksanakan musdes kembali.

“Kalau datanya ada yang salah boleh diganti, wajib bagi desa untuk mengganti di bulan depan. Kepala desa harus adil, harus amanah karena ini haknya rakyat dan tidak boleh dipotong satu sen pun,” ujarnya. Harapannya bantuan segera bisa diterima oleh warga setempat.

Secara keseluruhan, menurutnya saat ini pemakaian DD untuk bantuan langsung hanya sekitar 60 persen. Masih banyak desa yang belum mengoptimalkan BLT DD ini untuk masyarakat. “Tiap hari ada banyak warga yang mengadu kepada saya jika belum menerima. Ayo dimaksimalkan,” tegasnya.

Selain itu pihaknya mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan penularan. Mereka diminta lebih disiplin dalam melakukan pencegahan virus korona. “Supaya cepat selesai, masyarakat harus disiplin. Pakai masker, sudah dikurangi dulu berkumpul-kumpulnya,” pungkasnya. (kl)

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan