Tekan Harga Gula Lewat Operasi Pasar

ANTRE: Gabungan petugas membantu pelaksanaan operasi pasar di Pasar Sukodono, pagi kemarin. Operasi pasar kali ini berjalan efektif menekan harga di pasaran.

KEPUHARJO.RADARJEMBER.ID- Mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran, Dinas Perdagangan Lumajang menyelenggarakan operasi pasar. Pasar murah tersebut langsung diserbu oleh warga. Operasi pasar ini bakal dioptimalkan, mengingat beberapa harga kebutuhan pokok, seperti gula, cukup sulit ditekan dan baru stabil pada pekan kedua Ramadan ini.

IKLAN

Kasi Bina Usaha Dinas Perdagangan Lumajang, Risky Martyasani mengatakan, kegiatan operasi pasar kemarin (12/5), berlangsung di Pasar Sukodono. Masyarakat disebutnya sangat antusias dengan kegiatan tersebut. “Jumlah total yang terjual oleh satuan tugas adalah 1 ton dan langsung habis,” tuturnya.

Hal tersebut juga menandakan kebutuhan gula sangat tinggi. Faktor utama pergerakan harga sulit turun karena pasokan gula rata-rata dari luar. “Sementara untuk menekan harga gula, Satuan Tugas Pangan Lumajang bersama PG Jatiroto sedang melaksanakan Operasi Pasar Mandiri,” ucap Sekretaris Dinas Perdagangan Lumajang, Azis Fahrurrozy.

Operasi pasar tersebut efektif menekan harga gula yang dalam dua bulan ini harganya meningkat. Bahkan harganya sampai menyentuh Rp 18.000 per kilogram. Namun pada operasi pasar yang dilakukan bersama PG Jatiroto dan Polres Lumajang ini, pihaknya  hanya menjual Rp 12.500 per kilogram. “Operasi pasar dengan komoditas gula dimulai sejak tanggal 11 sampai 15 Mei,” kata Azis.

Secara umum, harga gula pasir di Laman Siskaperbapo milik Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur masih tercatat sebesar Rp 16.000 per kilogram. “Memang benar, di PG Jatiroto stok gula mulai menipis. Koordinasi terakhir dengan pihak PG Jatiroto demikian,” tutur Catur Budi Bhagaskara, Kasubbag Humas Polres Lumajang.

Kondisi tersebut harus segera diantisipasi, karena dalam waktu sekitar dua minggu ke depan sudah memasuki hari raya Idul Fitri. “Dari pihak kepolisian akan tetap melaksanakan operasi pasar jika pasokannya tetap ada,” ucapnya. (kl)

Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan