PKK Harus Inovatif dan Inklusif

PARADIGMA BARU: Bupati Lumajang Thoriqul Haq memberi sambutan di agenda rapat koordinasi bersama TP PKK di Aula PKK Pendapa Kabupaten Lumajang.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Upaya pemerintah daerah mendorong pembangunan di Lumajang terus dilakukan. Ini agar kabupaten yang dikenal sebagai penghasil pisang itu lebih kompetitif dan berdaya saing.

IKLAN

Untuk itu, pemerintah setempat telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Salah satunya melibatkan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lumajang.

Saat menggelar rapat koordinasi bersama TP PKK di Aula PKK Pendapa, Selasa (12/3), Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, selama ini kinerja PKK diakuinya sudah memberi dampak terhadap keberlangsungan pembangunan di Lumajang.

Menurutnya, berbagai pendekatan dan inovasi juga sudah dilakukan, dan dinilainya mampu menyumbangkan gagasan untuk ikut menyukseskan program pemerintah yang dicanangkan.

Kendati begitu, bupati mengatakan, TP PKK tetap harus memiliki fleksibilitas dalam merespon segala bentuk perubahan di masyarakat. Sehingga, dia menilai TP PKK harus memiliki cara pandang baru, yang lebih maju dengan berfikir inklusif atau terbuka.

Karena menurut bupati, dengan berpandangan terbuka dan mengedepankan prinsip transparansi, maka akan menjadi penentu terealisasinya seluruh program pemerintah daerah. “Inovasi PKK sudah mulai beranjak dan bisa dirasakan. Saya berterimakasih atas pikiran dan kerja yang dituangkan teman-teman PKK,” ujarnya.

Ke depan, Thoriqul Haq berharap, TP PKK sudah tak lagi menjadi bagian organisasi yang ekslusif, akan tetapi haruslah bersifat inklusif. “Artinya, cara pandang baru dalam melihat kenyataan yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarinah Thoriq mengungkapkan, PKK sebagai mitra pemerintah akan seoptimal mungkin membantu merealisasikan program pemerintah daerah.

Selain itu, juga perlu adanya keselarasan dan kesepahaman agar program yang ada di TP PKK dan Pemkab Lumajang bisa bersinergi. Muaranya untuk kemajuan daerah. “Dukungan semua pihak sangatlah berarti, dan menjadi semangat bagi kami,” tandasnya.

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan