Tiga Orang Calon Jamaah Haji Meninggal Sebelum Berangkat

DILEPAS : Calon jamaah Haji (CJH) asal Lumajang yang kemarin dilepas di Pendapa Arya Wiraraja Lumajang. Mereka akan berangkat ke tanah suci pada 15 Juli mendatang.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Umur manusia memang tidak bisa ditebak. Sudah menunggu beberapa tahun lamanya untuk ke tanah suci, ternyata nasib berkata lain. Gagal berangkat karena meninggal dunia. Padahal pembayaran haji sudah lunas. Begitulah yang dialami tiga calon jamaah asal Lumajang.

IKLAN

Moch Sugianto Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lumajang mencatat setidaknya ada 3 Calon Jamaah Haji (CJH) yang meninggal dunia. “Hanya ahli waris yang bisa meng gantikan keberangkatan orang tersebut,” ujarnya. Ketiga orang tersebut berasal dari Pasrujambe, Sukodono dan Pasirian.

Keluarga diperbolehkan mengganti kekosongan kursi tersebut. Dengan catatan harus segera melengkapi berkas-berkasnya. Sesuai jadwal yang ditentukan, CJH akan diberangkatkan dari Lumajang tanggal 15 Juli.

“Waktunya sudah mepet, tinggal beberapa hari lagi,” tambahnya.Berbeda dengan orang yang meninggal sebelum melunasi pembayaran haji. Pihaknya akan mengembalikan sejumlah uang yang sudah dibayarkan.

“Kalau sudah diumumkan kuotanya diberangkatkan dua tahun depan. Kemudian ditengah masa menunggunya meninggal sebelum dilunasi, uangnya akan dikembalikan,” tambahnya.

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan