Dinkes Gelar Workshop Pemangku Kebijakan

AJAK SINERGI : Kepala Dinkes Lumajang dr Bayu Wibowo ketika memberi sambutan dalam workshop yang digelar di Hall GM Lumajang, siang kemarin.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang kemarin menggelar workshop. Terkait Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Tujuannya, untuk penguatan layanan dan jaminan kesehatan yang dicanangkan pemerintah pusat.

IKLAN

Acara yang digelar di Hall Gajah Mada itu dimulai jam 08.00 sampai jam 12.00 Wib. Pesertanya melibatkan, Camat, Kades, Ormas, dan PKK. Melibatkan narasumber dari Dinas dan pemangku kebijakan daerah.

dr Bayu Wibowo, Kepala Dinkes Lumajang menjelaskan program ini perlu melibatkan banyak pihak. “Perlu adanya intervensi dari lintas sektor dalam peningkatan kesehatan. Karena saat ini indeks kesehatan sehat Lumajang baru mencapai 0,11. Padahal untuk dikatakan sehat itu 0,8 nilainya 58,” katanya saat workshop.

Campur tangan pemerintah desa juga menjadi faktor penunjang untuk mempercepat proses penanganan. Seringkali masyarakat pedesaan diha dapkan pada minimnya akses yang menunjang terhadap kualitas kesehatan.

Seperti minimnya jamban seakan sudah mengakar menjadi permasalahan yang begitu akut tidak bisa terselesaikan. Selain itu, minimnya petugas kesehatan seperti bidan desa dan perawat juga semakin menambah rumitnya penyelesaian beragam persoalan.

Untuk itu, diperlukan kesadaran baik itu dari pemerintah desa maupun kelompok perserikatan untuk bersama membangun dan mewujudkan program Indonesia sehat.

“Dari dana desa bisa dialokasikan untuk pem-bangunan jamban. Peran perangkat desa, ibu PKK, muslimat dan lainnya baiknya melibatkan diri untuk pening katan kesehatan. Ini karena sangat terbatasnya petugas kesehatan di desa,” tambahnya.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : mg1

Editor : Hafid Asnan