Langkah Tanggap Jaga Kebersihan dan Tingkatkan Imun

Kampung Tangguh jadi Contoh Penanggulangan Korona

DITOTRUNAN, RADARJEMBER.ID – Kabupaten Lumajang telah meresmikan tiga desa yang menjadi Kampung Tangguh, demi mewujudkan kenyamanan dan keamanan desa. Hal ini dilakukan demi menekan angka penyebaran virus korona serta memberikan motivasi untuk desa lain segera meniru. Sebab, partisipasi seluruh pihak dapat meningkatkan zona kuning Lumajang menjadi zona hijau.

IKLAN

Saat ini ada tiga desa yang sudah terbentuk menjadi kampung tangguh. Yaitu Desa Banjarwaru, Desa Tukum, dan Desa Kaliboto Lor. Harapannya desa yang lain segera membentuk kampung tangguh agar dapat membiasakan warganya untuk menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas sehari-hari.

Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi menjelaskan, kemandirian desa dalam melindungi wilayahnya sendiri dapat membantu pemerintah dalam menuntaskan penyebaran virus korona. Terlebih jika desa-desa tersebut bisa mandiri mengatasi ketahanan pangan dan kesehatan.

“Ini sangat baik apabila seluruh desa membentuk kampung tangguh. Dengan adanya kampung tangguh, desa bisa mandiri dalam hal kesehatan, ketahanan pangan.” ujarnya saat kegiatan sosialisasi dan pelatihan kader Kampung Tangguh di Pendapa Arya Wiraraja,.

Sementara itu Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, kepedulian desa dalam melindungi warganya memang sangat penting. Namun, desa tidak perlu memberikan arahan pencegahan dan penanganan korona dengan model yang membuat masyarakat makin takut.

Sebaliknya, lanjut dia, desa harus mendorong warga untuk meningkatkan kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar. Terutama meningkatkan imunitas tubuh. “Mari kita bersama-sama berjuang untuk meningkatkan dari zona kuning menjadi zona hijau,” pungkasnya (kl)

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti