Lelang Jabatan Diperpanjang

Dua OPD Belum Penuhi Kuota Minimal 4 Pendaftar, Terakhir 19 April 2019

RADARJEMBER.ID – Pendaftaran lelang jabatan atau open bidding pada posisi jabatan tinggi pratama (eselon II) di Pemkab Lumajang meleset. Di hari terakhir, ternyata tidak memenuhi batas minimal pendaftar. Akibatnya, masa pendaftaran diperpanjang sampai 19 April mendatang.

IKLAN

Open bidding yang tidak memenuhi target minimal bukan hanya kali ini saja. Pada era kepemimpinan Bupati Drs H As’at MAg juga demikian. Bahkan, waktu itu hampir semua posisi mengalami kekurangan dari target minimal.

Kali ini masih mending. Sebab, catatan Jawa Pos Radar Semeru, hanya ada dua pos lowongan jabatan yang kurang dari batas minimal. Yakni di posisi Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (DPKP). Selebihnya aman.

Pj Sekda Lumajang Drs Agus Triyono MSi menjelaskan, sampai batas akhir total pendaftar ada sebanyak 53 orang. “Ada 53 berkas pendaftaran belum dilakukan seleksi administrasi oleh pansel,” katanya.

Akibatnya, karena batas minimal pendaftar tersebut tak dipenuhi, maka panitia seleksi (pansel) memperpanjang waktu pendaftaran. “Kami memperpanjang selama 7 hari pendaftaran. Yakni pada 9 April sampai 15 April 2019,” katanya.

Agus menegaskan, langkah itu ditempuh, mengingat ada dua lowongan jabatan yang belum memenuhi quota. “Nantinya pada perpanjangan ini, persyaratan tetap sama. Hanya menambah waktu pendaftaran saja selama 7 hari,” terangnya.

Langkah apa yang dilakukan untuk mengupayakan agar pendaftar memenuhi kuota minimal? Agus menerangkan bahwa hanya melakukan upaya strategis pada dua OPD yang lowongan jabatannya kurang. Bahkan, ada juga edaran yang dikeluarkan oleh bupati yang isinya mendorong agar semua pejabat yang memenuhi syarat untuk mendaftar. Hal tersebut sudah mulai dijalankan. Sejak kemarin sudah mulai ada kabar perkembangan penambahan pendaftar.

Pendaftar Disparbud Terbanyak

Sembilan pos lowongan jabatan yang dilelang Pemkab Lumajang ternyata tidak sesuai awal espektasi. Sebab, ada pos yang kurang pendaftar. Tetapi, ada juga yang pendaftarnya membludak. Jomplangan selisih itulah yang menyebabkan panitia seleksi melakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

Dari catatan Jawa Pos Radar Semeru, sedikitnya ada tiga lowongan jabatan yang sangat padat pendaftar. Terbanyak adalah Disparbud. Tak tanggung-tanggung, pendaftarnya mencapai 10 orang peserta.

Disusul urutan kedua adalah Dinas Perdagangan (Dindag). Lowongan jabatan itu sama banyaknya dengan Dinas Sosial. Selanjutnya Dinas pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga  (Dispora) yang pesertanya berurutan dengan jumlah 7 dan 6. (Selengkapnya Lihat Grafis)

Drs Agus Triyono MSi, PJ Sekda Pemkab Lumajang menjelaskan memang pendaftar Disparbud sangat banyak. “Dari 35 pendaftar, paling banyak di Disparbud,” katanya. Jumlahnya sangat tinggi dan berbeda jauh dengan lowongan jabatan lainnya. Sementara yang terendah adalah BPKD dan DPKP

Kondisi itu menurut dia diketahui di akhir pendaftaran pukul 17.00 hari terakhir. Yang membuat pansel segera melakukan sidang untuk melakukan penambahan jadwal pendaftaran.

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer :

Editor : Narto