Pemkab Lumajang Dorong Peningkatan Produksi Tembakau

Wabup Salurkan Bantuan untuk Kelompok Tani

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Sebagai salah satu daerah yang memiliki kualitas produksi temba­kau unggul, perhatian pemerintah terus dilakukan. Kemarin, sejumlah bantuan diberikan pada kelompok tani. Tujuannya agar ada pening­katan produktivitas.

IKLAN

Wakil Bupati Lumajang Ir Hj Indah Amperawati menegaskan, harapan pemerintah pada temu lapang panen dan pascapanen tembakau di Desa Sarikemuning, Senduro, kemarin. Dia mene­gaskan, pemerintah akan men­dukung petani tembakau.

Diharapkannya, kualitas produksi tembakau meningkat dan bisa memenuhi permintaan pasar. “Kita kembalikan kejayaan seperti masa lalu, sebagai peng hasil tembakau yang terbaik,” harapnya.

Wabup yang juga mantan kepala Dinas Kehutanan Lumajang itu memberikan apresiasi kepada PT Sadana, PT AOI, serta PT IDS. Sebab, selama ini telah bermitra dengan para kelompok tani tembakau.

Bunda Indah berharap, para petani tembakau dapat mengikuti arahan mitra. Terutama terkait permintaan pasar tentang kualitas tembakau. “Yang tahu permintaan pasar adalah mitra. Jadi, harus dipatuhi, jangan hanya asal menanam,” pungkasnya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Lumajang Budi Santoso mengutarakan bahwa temu lapang itu merupakan salah satu wujud langkah untuk meyakinkan para petani. Yakni tentang tembakau yang direko men dasikan oleh para mitra.

Reporter : mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan