Bupati Lumajang Resmikan Jatim Bermasker

DIRESMIKAN: Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meresmikan agenda Jatim Bermasker di Desa Kecamatan Senduro. Pihaknya optimis Kabupaten Lumajang bisa segera kembali pulih dari pandemi.

SENDURO.RADARJEMBER.ID – Kabupaten Lumajang tak mau tanggung-tanggung dalam memerangi pandemi Covid-19. Tidak hanya di kalangan pejabat saja, namun juga di kalangan masyarakat. Hal ini terbukti dengan makin meningkatnya kesadaran mereka untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.
Salah satu bentuknya adalah makin banyak desa yang digagas menjadi kampung tangguh, serta adanya peningkatan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker.
Hal inilah yang mendasari Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam meresmikan agenda Jatim Bermasker, di Kampung Tangguh Desa/Kecamatan Senduro. Cak Thoriq, sapaan akrabnya mengatakan, berdasarkan pantauan beberapa daerah di pelosok desa, warga setempat mulai serius menerapkan protokol kesehatan. Baik menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan mengurangi bersentuhan langsung satu orang dengan lainnya. Kondisi tersebut tentu sangat membanggakan.


“Saya bersyukur kepatuhan terhadap penggunaan masker di Kabupaten Lumajang ini cukup tinggi. Hasil evaluasi dari Bapak Dandim beberapa hari yang lalu, warga banyak yang patuh menggunakan masker, tapi masih juga ada kita temukan yang tidak menggunakan masker,” ucapnya.
Namun, diakui partisipasi masyarakat dalam menekan penularan korona terus mengalami peningakatan. Termasuk para pengendara kendaraan baik roda dua maupun roda empat, terlihat makin banyak yang menggunakan masker.
“Upaya pemerintah bersama jajaran TNI dan Polri dalam melakukan sosialisasi agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan terutama memakai masker terus digalakan melalui berbagai kegiatan. Bahkan sosialisasi tetap dilakukan setiap hari,” tambahnya.
Pihaknya optimis meskipun setiap hari jumlah pasien terkonfirmasi positif terus bertambah, namun jumlah orang yang sembuh juga terus bertambah. Artinya Lumajang masih berada pada zona kuning. “Kita juga akan melibatkan partisipasi organisasi kemasyarakatan yang ada di Lumajang,” pungkasnya. (kl)

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Atieqson Mar Iqbal
Fotografer: Istimewa