Pemkab Lumajang Bakal Larang Plastik Sekali Pakai

Terbitkan Perbup, Pelanggar Bakal Ditegur

HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PEMKAB LUMAJANG FOR RAME DIBUKA : Bupati dan Wabup Lumajang ketika melakukan pemotongan pita pembukaan pemandian yang dibarengkan dengan perayaan hari lingkungan hidup sedunia. Sekaligus menerbitkan perbup tentang pengurangan plastik sekali pakai yang selama ini lepas kontrol.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Kontributor terbesar sampah plastik berada pada toko retail modern dan di pasar tradisional. Kantong plastik sekali pakai yang mereka sediakan tidak terkontrol. Kali ini jangan menyediakan kantong plastik itu. Sebab, Pemkab Lumajang akan menegur dan memberikan peringatan secara langsung.

IKLAN

Penggunaan kantong plastik sekali pakai sudah tidak boleh sembarangan. Bahkan, sebagai alternatif, dibolehkan penggunaan bahan yang bisa didaur ulang sebagai pengganti kantong plastik. “Jika ada yang melanggar, pemkab akan memberikan teguran secara langsung,” ujar Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

Tidak hanya toko retail dan pasar tradisional, kantor OPD yang kedapatan menggunakan bahan plastik sekali pakai juga mendapat teguran serupa. “Saat rapat sudah tidak boleh lagi menyediakan air minum dalam kemasan,” tambahnya.

Aturan tersebut berlaku sejak diluncurkannya Peraturan Bupati (Perbup) tentang pengurangan penggunaan sampah plastik sekali pakai di Wisata Tambu Raya Idaman Desa Condro, Kecamatan Pasirian, kemarin. Peluncuran tersebut merupakan bukti keseriusan pemkab dalam membatasi beredarnya sampah plastik di masyarakat. “Seharusnya, sampah yang masuk TPA adalah yang bisa terurai,” ujar Yuli Haris, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang (DLH).

Sejak diberlakukan perbup tersebut, pihaknya berharap bisa berdampak pada banyak hal. Sebab, sejumlah pusat perbelanjaan, baik toko retail modern maupun pasar tradisional, kebanyakan menggunakan plastik sekali pakai. “Toko itu berusaha di Lumajang, seharusnya mereka juga patuh terhadap aturan yang ditetapkan,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan