Inisiatif Karta Labruk Kidul Lumajang

Gunakan Pelepah Pisang untuk Wadah Daging Kurban

INSPIRATIF: Komunitas karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community Lumajang saat membungkus daging kurban dengan pelepah pisang.

LUMAJANG.RADARJEMBER.ID – Karang Taruna (Karta) Bhakti Yudha Pertiwi, Labruk Kidul, Lumajang menjadi satu-satunya karta di kota pisang ini yang menggunakan pelepah pisang sebagai pembungkus daging kurban. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kearifan lokal warga setempat.

Ketua Karta Labruk Kidul Wachyudi Rosad mengatakan, penggunaan pelepah pisang sebagai pembungkus daging kurban menjadi yang pertama di Lumajang.

“Selama ini belum pernah ada kegiatan Karta di Lumajang yang menggunakan pelepah pisang sebagai wadah penyimpanan daging kurban. Inisiatif ini berasal dari teman-teman Karta Labruk Kidul dan langsung kita eksekusi,” katanya, Senin (3/8).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Ada lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar ini. Komunitas itu di antaranya SuperSoccer, SoccerAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community.

Wachyudi sangat mengapresiasi kegiatan karta yang memanfaatkan pelepah pisang sebagai pembungkus daging kurban. Hal ini juga bisa menjadi edukasi ke masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari banyaknya sampah kantong plastik sekali pakai yang banyak bertebaran di berbagai lokasi di Lumajang.

Selain Karta Labruk Kidul, sejumlah karta di Lumajang juga menjadi bagian dari kolaborasi Heppiii Community. Seperti Karta Wisang Geni – Lempeni, Pokdarwis Sabuk Semeru – Sumber Mujur, Karta Harapan Bangsa – Papringan, Karta Kelurahan Tompokersan, Karta Desa Klanting, Karta Desa Gondoruso, Karta Desa Wonokerto – Gucialit, Karta Desa Bodang, Pokmas Mandiri Sejahtera Pasrujambe, dan Karta Desa Jatigono. (*)

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: mg1
Fotografer: Istimewa