Didata Sebelum Dicairkan

Nelayan Bakal Dapat BLT Rp 600 Ribu

BERI PENEGASAN: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lumajang Ir Agus Widarto saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Dirinya memegaskan, BLT untuk nelayan masih dalam proses pendataan.

TOMPOKERSAN, RADARJEMBER.ID – Nelayan Lumajang bisa sedikit bernafas lega. Dalam.waktu dekat, mereka bakal menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dikhususkan kepada nelayan, dengan besaran Rp 600 ribu per bulan. Namun prosesnya membutuhkan waktu karena harus melalui pendataan terlebih dahulu.

IKLAN

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lumajang, Agus Widarto membenarkan adanya BLT Nelayan tersebut. “Meski masih dalam tahap usulan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, namun bantuan BLT Nalayan akan cair Rp 600 ribu per bulan,” ucapnya.

Namun, lanjut dia, tidak semua nelayan bakal mendapatkan BLT. Ada beberapa syarat. Salah satunya penerima harus masuk kategori miskin. “Nanti pendataan akan mengarah pada buruh-buruh nelayan atau pemilik perahu dengan muatan kecil, yang pasti pantas menerima,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, akan menunggu koordinasi lebih lanjut. Koordinasi nanti dengan Bappeda dan Dinas Sosial Lumajang, juga tidak lupa dengan Dinas Perikanan Provinsi Timur.

Menurut Agus, prioritas utama dari penerima BLT Nelayan adalah buruh tambak. Karena jumlahnya yang cukup banyak di Kabupaten Lumajang. Namun bagi pemilik tambak tidak akan direkomendasikan oleh dinas. Kecuali pemilik tambak kecil dan juga termasuk kategori miskin. Dia juga mengatakan, kabarnya juga akan ada BLT reguler yang akan diterima pembudidaya ikan. “BLT ini tinggal menunggu saja, dan yang pasti ada. Tapi jenisnya pelaksanaanya belum tahu serta kriteria penerima seperti apa,” tukasnya. (kl)

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Ridho Abdullah Akbar
Fotografer: Ridho Abdullah Akbar