Jam Operasional Pasar Dibatasi

Buka Pukul 04.00, Tutup Pukul 16.00

TAK SEBEBAS DULU: Keadaan Pasar Baru Lumajang, kemarin. Para pedagang akan diujicoba untuk menerapkan pembatasan jam operasional pasar yang wajib ditutup pukul 16.00.

KEPUHARJO.RADARJEMBER.ID – Pemkab Lumajang terus mengelurkan kebijakan baru untuk memutus mata rantai persebaran virus korona. Terbaru, pemkab akan mengatur jam operasional pasar tradisional di seluruh Lumajang. Kebijakan ini untuk mengurangi kerumunan warga demi mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di kabupaten setempat.

IKLAN

Kepala Dinas Perdagangan Lumajang Hairil Diani mengaku bimbang dengan keberadaan pasar yang masih tetap beroperasi. Di masa pandemi korona ini, tempat kerumunan orang banyak telah dilarang. Sehingga langkah yang tepat menurutnya harus dilakukan pengaturan. Rata-rata jam operasional pasar itu bakal dimulai pukul 04.00 hingga 16.00. Lebih dari itu, koordinator masing-masing pasar diminta mengingatkan agar pedagang segera menutup lapak mereka.

“Mau tidak mau, kita harus mulai adakan pengaturan pasar,” ujarnya. Dia menambahkan, kebijakan ini dikeluarkan demi kebaikan bersama agar masyarakat terhindar dari ancaman virus berbahaya tersebut.

Sementara ini kebijakan tersebut diberlakukan pada pasar pemerintah yang ada di kawasan Lumajang. Sedangkan untuk pasar yang dikelola pihak ketiga maupun desa bakal menyusul. “Kalau lebih dari jam yang sudah ditentukan, dari koordinator pasar nanti yang akan mengimbau agar segera tutup,” tambahnya.

Selain memberlakukan jam operasional, pihaknya juga melakukan uji coba pasar daring di beberapa kawasan. Seperti di Pasar Baru, Pasar Kunir dan Pasar Agropolitan Seroja. Tujuannya untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

“Memang kadang juga kebingungan untuk menutup pasar. Kalaupun diberlakukan jam operasional, melebihi itu tentu harus ada sanksi. Tapi sementara ini kita atur saja dulu. Semoga penularannya tidak datang dari sana,” pungkasnya. (kl)

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan