BI Keluarkan Kebijakan Baru SKNBI

KEBIJAKAN BARU: Kepala Tim SP dan Pengelolaan Uang Rupiah KPwBI Jember Febrina (kanan) saat konferensi pers terkait kebijakan baru SKBI

RADAR JEMBER.ID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) wilayah Jember segera menerapkan kebijakan baru terkait Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Kebijakan itu akan diberlakukan sejak besok, 1 September 2019. Ada beberapa poin penting dalam kebijakan ini.

IKLAN

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember, Febrina mengatakan, dalam kebijakan baru sistem kliring tersebut seluruh bank menambah jadwal pelayanan kepada nasabah yang ingin melakukan transfer uang dengan sistem kliring.

“Yang semula jadwal pelayanannya hanya ada lima kali dalam sehari, dengan kebijakan baru nanti ditambah menjadi sembilan kali dalam sehari,” katanya dalam konferensi pers di Ruang Rapat KPwBI Jember, kemarin (30/8).

Selain itu, kata Febrina, besaran uang yang dapat ditransfer oleh nasabah melalui sistem transfer kliring juga ikut disesuaikan. Yakni dari semula maksimal Rp 500 juta untuk satu kali transaksi, ditingkatkan menjadi maksimal Rp 1 miliar untuk sekali transaksi.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pihak BI juga memangkas biaya administrasi kepada bank peserta dan nasabah dalam kebijakan yang baru ini. “Biaya yang dikenakan BI kepada bank peserta yang tadinya dikenakan beban biaya Rp 1.000 per transaksi, dipotong hingga menjadi hanya Rp 600 per transaksi,” ungkapnya.

Sementara itu, dari bank peserta kepada nasabah dari maksimal Rp 5.000 per transaksi hanya menjadi maksimal Rp 3.500 per transaksi. Dia menambahkan, dari segi kecepatan pelayanan dalam kebijakan baru ini, Bank Indonesia memberikan batas maksimal penyelesaian transaksi, baik dari bank pengirim maupun bank penerima, masing-masing hanya 1 jam. Sementara sebelumnya  maksimal dua jam.

Febriana mengaku, kebijakan tersebut sudah disosialisasikan pada seluruh bank di bawah BI. Kemudian, semua bank diwajibkan memberikan informasi terkait kebijakan baru ini kepada seluruh nasabahnya masing-masing. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Bagus Supriadi