Korrek Unej dan ACT Salurkan Air Bersih

KEMANUSIAAN: Pengiriman air bersih pada sejumlah daerah yang mulai kekurangan air.

RADAR JEMBER.ID Korps Relawan Kampus (Korrek) Universitas Jember bersama  Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan air bersih di daerah Tapal Kuda, kemarin (29/8). Distribusi air bersih ini melibatkan tujuh truk tangki berkapasitas lima ribu liter. Dikirim ke lima kabupaten yakni, Jember, Bondowoso, Lumajang, Banyuwangi, dan Situbondo.

IKLAN

“Hari ini Korrek Universitas Jember menyalurkan tiga truk tangki air bersih, dua truk tangki ke Bondowoso dan satu ke Lumajang. Sementara empat truk merupakan sumbangan dari dermawan yang disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap,” kata Djoko Purnomo, koordinator Korrek Universitas Jember yang hari itu membawa sepuluh anggota Korrek Universitas Jember.

Rencananya, setelah distribusi air bersih, Korrek Universitas Jember juga akan menyalurkan tujuh truk tangki air bersih ke beberapa daerah di Tapal Kuda.

Warang Agung, Kepala Cabang ACT Jember menambahkan, masih banyak daerah di Tapal Kuda yang sudah mengalami kekurangan air karena kekeringan. Mereka membutuhkan bantuan air bersih. Seperti Botolinggo di Kabupaten Bondowoso,  Wongsorejo dan Songgon di  Banyuwangi, Ranuyoso di Kabupaten Lumajang, dan Arjasa di Kabupaten Situbondo.

“Dari pengalaman kami, jika bencana banjir, gempa, banyak dermawan yang menyumbang. Tetapi jika bencana kekeringan, sedikit yang menyumbang. Diharapkan muncul kepedulian masyarakat untuk mau menyumbang bagi bencana kekeringan,” terangnya.

Sementara itu, Heru Widagdo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPPD Jember  menambahkan, kondisi Jember sekarang masih cukup aman menghadapi bencana kekeringan. Belum ada daerah yang melaporkan mengalami bencana kekeringan. Namun, BPPD Jember terus memantau perkembangan serta selalu menyiagakan personel dan air bersih.

“Tahun lalu beberapa desa di Kecamatan Panti mengalami kekeringan air, dan tentu saja tahun ini kami berharap tidak ada daerah di Jember yang mengalami kekeringan,” pungkasnya. (*)

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi