Lomba Tari Tradisional Diikuti 1.500 Peserta

Ajang Tampilkan Kesenian di Momen Agustusan

MENYEDOT PERHATIAN: Salah satu tarian Nusantara yang ditampilkan oleh sejumlah pelajar SD/MI. Lomba ini diadakan dalam rangka memeriahkan HUT KEMERDEKAAN INDONESIA di Kampoeng Londo, Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong.

RADAR JEMBER.ID – Kesenian menjadi aspek yang dipilih oleh para siswa dari 47 lembaga SD/MI dan sederajat di wilayah Kecamatan Kencong, untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Indonesia. Dalam acara yang digelar kemarin (29/8), sedikitnya 1.500 talent pelajar mengikuti Lomba Tari Nusantara.

IKLAN

Gelaran ini memang baru kali pertama digelar. Tak heran jika perhatian masyarakat tersedot sepenuhnya pada event yang berlangsung di Kampoeng Londo, eks Gedung PTPN IX PG Semboro di Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong.

Beberapa tari yang ditampilkan antara lain tari Remong yang berasal dari Jawa, dan ada juga yang menampilkan tari Onclang Kidang asal Banyuwangi. “Tarian Onclang Kidang sendiri menggambarkan satwa yang bernama kidang (kijang, Red) yang lincah dan energik,” ujar Ridwan, salah satu guru.

Rahmawati, 28, salah seorang ibu yang ikut mengantar putrinya mengaku senang ketika melihat anaknya bisa tampil. “Kalau bisa, kegiatan seperti ini bisa diadakan setiap enam bulan sekali, jangan hanya pada bulan Agustus saja,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kencong Susmiyadi mengungkapkan, lomba tari ini sengaja digagas supaya anak-anak khususnya pelajar SD yang ada di Kencong tidak melupakan sejarah dan kebudayaan tradisional. Bahkan, di Kecamatan Kencong setiap hari Kamis dalam bulan Agustus, karyawan toko besar dan swalayan harus menggunakan pakaian adat. “Ini agar warga Kencong sendiri biasa menghargai dan selalu ingat akan kebudayaannya,” ujarnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti