Dua Kecamatan Ditemukan Selisih Suara

Jumai/Radar Jember REKAPITULASI ULANG: Proses rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur dari tingkat TPS ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kaliwates, kemarin.

KALIWATES – Pelaksanaan rekapitulasi suara pemilihan kepala daerah kini memasuki tahapan rekapitulasi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sejauh ini masih landai-landai saja. Meskipun pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jember menemukan ada dua kecamatan yang terdapat selisih suara.

IKLAN

“Ini memang kami temukan selisih antara surat suara sah dan jumlah total perhitungan paslon 1 dan 2,” tutur Devi Aulia Rohim, Panwaskab Jember Bidang Pengawasan, kemarin. Selisih ini ada di kecamatan Kaliwates dan Sumbersari.

Dia menengarai, selisih ini disebabkan adanya perbedaan hitungan antara yang dilaporkan oleh PTPS (Pengawas TPS) dengan hitungan yang ada di PPK. “Padahal kan laporan PTPS ini dari C1 yang ada di masing-masing TPS,” jelas Devi.

Sehingga, inilah yang akan ditelusuri oleh pihaknya. “Jadi, kami masih akan menunggu rekapitulasi di PPK. Di mana sebenarnya letak selisihnya ini,” jelasnya.

Dengan demikian, total rekapitulasi di dua kecamatan ini diprediksi baru akan selesai hari ini. Oleh karena itu, pihaknya pun menunggu proses pencocokannya hingga hari ini.

Kata Devi, untuk memastikan temuannya itu, kemarin pihaknya melakukan pencocokan penghitungan suara di Kecamatan Kaliwates. “Karena mulai siang tadi dilakukan penghitungan rekapitulasi suara tingkat kecamatan,” jelasnya.

Jika tetap ada selisih, maka ada yang keliru dari pencocokan dan akan dibuka plano untuk mengetahui mana yang benar.

Perbedaan hasil rekapitulasi temuan dari Panwaskab Jember memang cukup mencolok. Dari pengawasan ditemukan hasil yang berbeda di Kecamatan Kaliwates. Jumlah suara sah ‘hanya’ sebesar 47.377 suara. Sedangkan jumlah perolehan suara 2 pasangan calon mencapai 48.189 suara.

Oleh karena itu, pihaknya berharap panwascam harus benar-benar teliti pada waktu pengawasan rekapitulasi. Sehingga, ada titik temu, di mana sebenarnya perbedaan itu. (ram/mgc/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :