Masuk Milenia Wajib Lewat Bilik Steril

BEBAS KORONA: Masuk Perumahan Pesona Surya Milenia harus melewati bilik steril yang sedang dalam proses pemasangan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungannya akan pandemik virus korona ditunjukkan warga Perumahan Pesona Surya Milenia, Mangli, Kaliwates. Secara swadaya, warga perumahan yang berlokasi di dekat kampus IAIN bergerak melawan Covid-19, kemarin (29/3). Mereka membentuk Satgas Covid-19, melakukan edukasi pembuatan bahan disinfektan, dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh rumah yang ada di lingkungan perumahan.

IKLAN

“Kami juga menyiapkan bilik sterilisasi di pintu masuk perumahan. Seluruh orang yang akan masuk ke Pesona Surya Milenia harus melewati bilik steril dulu. Termasuk mereka yang bawa kendaraan juga harus turun dulu untuk disterilkan,” tandas Muhammad Bahriar, Ketua RW 10 Kelurahan Mangli.

Menurut Bahriar, pembentukan satgas bertujuan untuk memonitor sedini mungkin terhadap warga perumahan yang sering bepergian ke luar kota ataupun luar negeri. Selain itu, memastikan seluruh orang yang akan masuk ke perumahan Milenia harus steril. Juga, memberi edukasi dan perlindungan teknis untuk warga. Kebetulan tim teknis yang menjadi anggota Satgas Covid-19 di sini berasal dari kalangan medis, ada yang berprofesi sebagai dokter dan perawat.

Tim teknis ini, lanjut Bahriar, akan bertugas lebih intens mana kala ada warga yang masuk kategori ODP (orang dalam pemantauan). “Mereka akan memberi edukasi dan motivasi langsung ataupun via WA (WhatsApp) kepada ODP. Bahkan, kalau diperlukan bisa melakukan memberi arahan lebih lanjut ke rumah sakit rujukan,” tukasnya.

Ditambahkan, untuk operasional Satgas Covid-19, penyemprotan disinfektan dan pengadaan bilik sterilisasi dilakukan secara swadaya oleh warga perumahan Milenia. “Karena Jember sudah masuk zona merah, dan di Kecamatan Kaliwates paling banyak ODP-nya, kita harus makin meningkatkan kepedulian bersama untuk menangkal korona,” papar Rektor IAIN Jember Babun Suharto yang kemarin ikut melakukan penyemprotan disinfektan bersama Lurah Mangli Choirul Anam di Perum Milenia.

Reporter :

Fotografer :

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti