Hijaukan Masjid dengan Gerakan Tanam Kurma

BIBIT KURMA. Muhammad Ma'ruf, anggota Komunitas Berkah Pohon Kurma Jember terlihat sibuk di kebun pembibitan Kurma.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Puluhan masjid di Kabupaten Jember saat ini banyak yang ditanami pohon kurma, ide itu ternyata dicetuskan oleh Komunitas Berkah Pohon Kurma Jember mulai Mei tahun 2018 lalu.

IKLAN

Abin Wahyudi, penggagas komunitas tersebut sekaligus pemilik kebun kurma di kawasan Jalan Manggar, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, mengungkapkan bahwa di kebunnya terdapat lebih dari 5.000 bibit pohon kurma dari berbagai jenis dan umur. “Kurma di sini ada yang berumur 5 bulan sampai umur 2 tahun,” kata Abin.

Bibit pohon Kurma itu kemudian disalurkan ke masjid dengan gratis, jumlah bibit juga tidak dibatasi, bergantung permintaan masjid itu sendiri. “Alhamdulilah pohon kurma ini bisa tumbuh dengan baik, bahkan beberapa pohon kurma sudah pernah dipanen seperti di Masjid Roudhotul Muhlisin,” imbuh Abin.

Di bagian lain, Muhammad Ma’ruf, salah seorang anggota Komunitas Berkah Pohon Kurma Jember mengungkapkan, memasuki umur 4 sampai 5 tahun jika dirawat dengan serius pohon Kurma tersebut bisa berbuah, setiap pohon bisa menghasilkan 6 kg kurma siap petik. “Perawatan pohon Kurma ini tidak sulit, cukup rutin disiram air 3 kali sehari terutama di saat musim kemarau, dan jangan lupa dipupuk menggunakan pupuk organik,” ungkap Ma’ruf.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :