Tersisa Kekuatan Banteng

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Negosiasi panjang antarpartai politik, termasuk bakal calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup), tak kunjung usai. Menjelang tahapan pendaftaran ini, potensi perubahan hasil lobi-lobi masih mungkin terjadi. Meski begitu, peta politik di Jember kian mengerucut. Kini, partai yang tersisa hanya tinggal kekuatan banteng saja.

Nama tokoh yang akan direkomendasi PDIP belum juga diumumkan hingga kemarin (28/8). Meski pengurus pusat melakukan pengumuman secara langsung, tapi cabup-cawabup dari partai nasionalis itu juga tak dimunculkan. Bisa jadi, belum final atau justru sudah selesai tetapi masih dirahasiakan.

Belum diumumkannya nama tokoh yang akan diusung PDIP dibenarkan Widarto. Pria yang menjadi Ketua Penjaringan Cabup-Cawabup PDIP itu menyebut, Jember tidak masuk dalam pengumuman. “Untuk Jember belum ada pengumuman,” katanya.

Seperti diketahui, dari belasan nama tokoh yang mendaftar dikantor PDIP, sudah tersisa tiga nama tokoh. Namun, nama-nama itu tetap dirahasiakan hingga kemarin. Dengan begitu, belum diketahui pasti siapa yang akan direkomendasi oleh PDIP sebagai bakal cabup atau cawabupnya.

Ditanya kapan nama tokoh dari partainya akan diumumkan, Widarto mengungkap, rencananya pada akhir bulan ini. “Rencana pengumuman cabup-cawabup dari PDIP yaitu tanggal 31 Agustus,” ungkap Widarto kepada Jawa Pos Radar Jember.

Sumber kuat yang memberi informasi kepada Jawa Pos Radar Jember menyebutkan, di internal PDIP sudah mengerucut kepada Abdussalam sebagai bakal cabup. Namun demikian, belum diketahui pasti siapa nama tokoh yang akan diumumkan. Apakah benar-benar Salam atau ada tokoh lain yang dirahasiakan.

Di sisi lain, partai PKS yang sebelumnya sempat mengerucutkan dukungannya kepada tiga nama tokoh, kini wacana di internal partainya mengarah pada bakal cabup-cawabup Hendy Siswanto dan Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun).

Dengan begitu, sementara ini Hendy-Gus Firjaun menjadi pasangan yang paling banyak diusung/didukung, yakni mencapai tujuh partai politik (baca grafis). Meski begitu, partai PKB yang sebelumnya sempat memberi surat tugas kepada Hendy, juga pernah mendeklarasikan pencalonan Ifan Ariadna sebagai bakal cabup.

Ketua DPD PKS Jember Ahmad Rusdan mengatakan, dari tiga nama yang diusulkan partainya sudah mengerucut kepada Hendy. Informasinya beberapa hari lagi akan diterbitkan rekomendasi resmi. “Informasi dari DPP, semua sudah mengerucut kepada Hendy Siswanto. Ini sesuai dengan tiga nama yang kami usulkan,” ungkapnya.

Untuk tokoh Ifan Ariadna, sejauh ini masih akan diusung oleh empat partai politik (lihat grafis). Selain itu, Ifan juga direkomendasikan sebagai bakal cawabup oleh Partai Berkarya, disandingkan dengan Abdussalam.

Cabup-Cawabup selanjutnya adalah Djoko Susanto-Ahmad Halim. Pasangan ini diusung Partai Gerindra. Nama Djoko juga diwacanakan berpasangan dengan Madini Farouq alias Gus Mamak yang diusung PPP. Kendati demikian, DPP PPP juga sempat memanggil Hendy-Gus Firjaun.

Melihat perkembangan peta politik terkini, maka kekuatan banteng yang tersisa tentu ditunggu oleh yang lain. Sebab, belum berkoalisi dengan kekuatan mana pun. Namun, dalam politik, segala kemungkinan masih berpotensi terjadi. Termasuk, perubahan arah dukungan partai politik terhadap para tokoh yang ada saat ini.

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Nur Hariri
Fotografer: Grafis Reza