Besok, Kloter Pertama Tiba di Surabaya

Jamaah Haji Mulai Dipulangkan

KEMAS-KEMAS: Aktivitas salah satu jamaah haji saat di Asrama Madinah. Mereka terlihat tengah mengemasi barang-barang bawaan sebelum kembali ke tanah air.

RADAR JEMBER.ID Mulai hari ini, jamaah haji asal Jember mulai bersiap-siap kembali ke tanah air. Sejumlah kloter awal dipastikan terbang hari ini, Kamis (29/8). Dijadwalkan, rombongan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Jember akan tiba di Asrama Haji Surabaya, besok (30/8) malam.

IKLAN

Kasi Urusan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jember Ahmad Tholabi menjelaskan, jadwal keberangkatan hingga jelang kepulangan jamaah haji tahun ini tidak banyak mengalami perubahan signifikan dibanding tahun sebelumnya. “Untuk kloter 43 atau kloter pertama, mereka sampai di Asrama Haji Surabaya Jumat malam sekitar pukul 21.25,” katanya.

Saat berada di Bandara Surabaya itu, lanjutnya, jamaah akan dibawa dan beristirahat di Asrama Haji Sukolilo. Sambil lalu, mereka menunggu proses keberangkatan lagi ke Jember. “Proses di asrama haji sekitar dua jam. Sehingga mereka nanti keluar pada pukul 23.25 dan langsung meluncur ke Jember, Sabtu (31/8) dini hari, sekitar pukul 03.00,” imbuhnya saat dikonfirmasi Radarjember.id.

Tholabi menjelaskan, Jember memiliki lima kloter keberangkatan. Yaitu kloter 43, 44, 45, 46, dan kloter 47. Dari kelima kloter itu, jeda keberangkatan terbang mereka tidak lebih dari satu hari. Bahkan, jadwal kepulangan jamaah haji yang kloter akhir juga dipastikan tidak akan melebihi awal pekan mendatang. “Selisih jadwal penerbangan pastinya kami masih tidak paham. Karena jadwal penerbangan itu mengikuti dari Arab Saudi sana,” tambahnya.

Sementara itu, Ghonim Jauhari, jamaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Assuniyah Kencong mengaku, kemarin (28/8), pihaknya bersama jamaah lain telah bersiap-siap dengan mengemasi beberapa koper bawaannya. “Saya tergabung di kloter 44. Kelompok kami kalau nggak salah, terbang Sabtu pukul lima pagi. Prediksi saya, pada subuh atau jam tiga Minggu dini hari, sudah tiba di Surabaya,” tukasnya. (*)

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih