Job Market Fair BLK Jember Jadi Serbuan Pencari Kerja

MENCARI PELUANG: UPT Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur di Jember ketika mengadakan Job Market Fair, yang menarik minat ribuan pencari kerja.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tingginya jumlah pencari kerja di Kabupaten Jember membuat ajang Job Market Fair (JMF) selalu ramai. Pemandangan seperti itu terlihat saat UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur di Jember, mengadakan kegiatan JMF beberapa waktu lalu.

IKLAN

“Ini adalah JMF kedua di tahun 2019 oleh UPT BLK Jember dan diikuti oleh 43 perusahaan. Dari kegiatan ini diperkirakan bakal merekut 1.231 orang pencari kerja,”ungkap Sutrisno, Kepala UPT BLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur di Jember.

Dikatakan pula oleh Sutrisno, jumlah penduduk Jawa Timur saat ini berjumlah lebih darii 38 juta orang dan jumlah usia produktif 21,59 juta. “Di Jawa Timur sendiri berdasarkan klasifikasi pendidikan, jumlah pengangguran SMK tercatat 6,84%, diploma 6,18% dan sarjana sebanyak 5,85%,” tegas Sutrisno.

Sementara itu Muhammad Mahfud, salah satu perwakilan perusahaan yang mengikuti JMF menjelaskan, perusahaannya ikut membantu pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan melalui JMF. “JMF ini merupakan solusi bagi pencari kerja agar bisa bekerja, karena diakui jumlah pengangguran itu setiap tahun cenderung meningkat,” jelas Mahfud.

Sementara itu Zainuri, seorang pencari kerja asal Desa Kemuning Lor, Kecamatan Jenggawah, mengaku baru pertama kali ini mengikuti JMF, karena usai menamatkan pendidikan di SMA, ia lebih memilih bekerja di sawah membantu orangtua.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :