Makin Termotivasi Latihan Mandiri

Tak Dipanggil Timnas, Bramdani Evaluasi

TETAP EVALUASI DIRI: Aksi Bramdani saat membela Garuda Select jilid II di Inggris, beberapa bulan lalu. Dirinya semakin termotivasi untuk latihan lebih keras meski tak dapat panggilan timnas.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Bramdani menjadi salah satu pesepak bola belia asal Kecamatan Ambulu yang dipanggil tim Garuda Select Jilid II, beberapa waktu lalu. Bersama tim Garuda Select, Bramdani sempat menjalani trial selama lebih dari enam bulan di Inggris dan Italia. Tak sendiri, selain Bramdani ada nama Erlangga Dwi Setyo, kiper jangkung asli Jember yang bergabung dengan Garuda Select.

Namun, saat pemanggilan 46 pemain pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 tiga hari lalu, nama Bramdani tak masuk dalam daftar pemanggilan tersebut. Sementara, Erlangga masih masuk dipanggil Shin Tae-yong, pelatih kepala Timnas U-19 untuk mengikuti TC di Jakarta.

Total ada 15 pemain jebolan Garuda Select jilid II yang dipanggil TC Timnas U-19. Sebagian besar adalah nama-nama lama penggawa Garuda Select jilid I dan eks Timnas U-16. Di antaranya Brylian Aldama, David Maulana, Ernando Ari, Bagas Kahfi, dan Sutan Diego Zico.

Meskipun tak mendapat panggilan dari Garuda Muda, hal tersebut tak lantas membuat mental Bramdani jatuh. “Ini semakin menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk latihan lebih keras lagi ke depan,” ungkap mantan pemain pilar Persid Jember U-17 2018 lalu itu.

Pemain yang tahun ini genap berusia 17 tahun itu pun terus mengevaluasi penampilannya. “Intinya, harus tetap giat berlatih dan berdoa. Mungkin belum rezekinya dipanggil timnas,” imbuh pemain yang tahun lalu membela Persebaya U-16 di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) ini.

Setelah pulang dari Inggris beberapa bulan lalu, Bramdani tetap intensif latihan rutin secara mandiri. Menurut Bram, dirinya kerap berlatih dengan klub internal maupun berlatih di lapangan dekat kediamannya. “Saya latihan di Bima Ambulu,” ucap Bramdani.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Istimewa