Ramadan, Bulan Kasih Sayang

BERI PETUAH: Moch Syechan, pengusaha sekaligus tokoh Muhammadiyah asal Kecamatan Tanggul.

RADARJEMBER.ID – Bulan puasa atau Ramadan tak sekedar menahan haus dan lapar dari fajar hingga petang. Lebih dari itu, Ramadan merupakan bulan kasih sayang. Hal itu dikatakan oleh Moch Syechan, pengusaha sekaligus tokoh Muhammadiyah asal Tanggul.

IKLAN

Menurutnya, saat bulan Ramadan nuansa kasih sayang terlihat jelas. “Ramadan saatnya untuk menebar kasih sayang, baik antar sesama umat Islam, maupun juga pada umat beragama lainnya,” katanya.

Menurut pengamatannya, ketika memasuki bulan Ramadan ini, mereka yang memiliki kelebihan ekonomi, merasa tepanggil untuk berbagi rezeki. “Benar-benar luarbiasa. Mereka yang berkecukupan meluapkan kasih sayangnya melalui berbagi takjil, santunan, atau menggelar buka puasa bersama,” ungkap Syechan.

Menebar kasih sayang di saat melaksanakan ibadah Ramadan itu, kata dia, merupakan bentuk kepedulian yang kaya kepada mereka yang membutuhkan pertolongan. Kalau seseorang memiliki rezeki lebih, Syechan menuturkan, namun hatinya tidak tergerak untuk berbagi, maka puasanya patut dipertanyakan.

“Apakah yang bersangkutan hanya berpuasa untuk menggugurkan kewajiban saja? Padahal di sekelilingnya masih banyak mereka yang kelaparan,” imbuhnya. Selain itu, Syechan beranggapan, bulan Ramadan sejatinya juga melatih kesabaran. Meski seharusnya, sifat sabar itu tidak saja diterapkan saat bulan Ramadhan namun juga di bulan yang lain. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih