Tiap Anggota DPRD Bisa Capai Rp 34 Juta

Sebelas Hari Kerja, tapi Digaji Penuh

RADAR JEMBER.ID – Masyarakat menaruh harapan besar terhadap anggota DPRD Jember. Melalui kinerja dewan, rakyat berharap mereka mampu menjalankan tugas dengan baik demi kemajuan Kota Santri. Apalagi, wakil rakyat tersebut mendapatkan haknya, yakni gaji dan tunjangan yang lumayan gede. Sebab, setiap anggota bisa memperoleh Rp 28 juta, bahkan lebih.

IKLAN

Penerimaan gaji dan tunjangan itu bisa di lakukan di awal September 2019 ini. Para anggota dewan juga bakal mendapat haknya secara penuh. Kendati mereka baru dilantik pada 21 Agustus lalu, alias baru bekerja selama 11 hari di Bulan Agustus.

Hak-hak yang akan didapatkan 49 anggota dewan (satu orang belum dilantik, Red) dibenarkan Kabag Humas dan Perundang-undangan DPRD Jember Sutiyoso. Menurutnya, anggota dewan akan mendapatkan haknya setelah mereka diambil sumpah pada saat pelantikan. “Itu terhitung sejak diambil sumpahnya,” kata pria yang akrab dipanggil Pak Yos tersebut.

Adapun perincian gaji dan tunjangan anggota dewan, menurut Kasubag Keuangan DPRD Jember Nur Lailia, akan berbeda-beda. Dilihat apakah menduduki posisi pimpinan DPRD, anggota yang menjabat alat kelengkapan dewan, atau anggota. Bukan saja gajinya, tetapi tunjangan-tunjangannya juga tak sama.

Nur Lailia menyebut, secara umum gaji dan tunjangan pimpinan DPRD berkisar antara Rp 11 juta sampai Rp 12 juta. Hal itu berbeda dengan besaran nilai gaji dan tunjangan yang akan diterima anggota DPRD. Masing-masing anggota, menurutnya bisa mencapai Rp 28 juta bahkan bisa lebih.

Dijelaskannya, hal yang membedakan akumulasi penerimaan gaji dan tunjangan pimpinan lebih kecil dari anggota yaitu karena empat pimpinan DPRD, satu ketua dan tiga wakilnya, mendapat mobil dinas serta rumah dinas. Sementara itu, anggota tidak mendapatkannya, sehingga diganti dengan uang tunai. “Jadi, pimpinan memang menerima lebih kecil. Itu karena ada fasilitas mobil dan rumah dinas,” ujar perempuan yang akrab dipanggil Ibu Nur tersebut.

Disinggung terkait kemungkinan adanya penambahan dari total Rp 28 juta per anggota, Nur menyebut, hal itu bisa saja terjadi. Sebab, dari tunjangan anak ada yang membedakan. Selain itu, ada peraturan baru yang menyebut tunjangan komunikasi untuk Jember sudah ditetapkan maksimal lima kali dari uang representasi. “Kami masih menunggu petunjuk dari pemkab juga untuk penentuan tunjangan komunikasi itu,” urainya.

Sumber Radarjember.id dari anggota DPRD mengungkapkan, dengan adanya tunjangan komunikasi tersebut, maka gaji dan seluruh tunjangan anggota DPRD bisa mencapai Rp 34 juta. Namun, dia mengaku tidak bisa menjelaskan secara terperinci karena ada ketentuan dan peraturan mengenai gaji dan tunjangan anggota DPRD secara khusus. “Kalau memerinci dengan melihat ketentuannya saya baru bisa, tetapi jangan. Nanti nama saya disebut lagi,” ucap anggota dewan yang tidak mau disebut namanya itu sambil tersenyum. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Grafis Reza

Editor : Mahrus Sholih