Mandat Khusus Tangani Jenazah

Luncurkan Dua Mobil Ambulans Untuk Korban Covid-19

APD LENGKAP: PMI Jember meluncurkan dua mobil ambulans setelah diberi mandat khusus untuk melayani jenazah Covid-19.  

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19) di Indonesia dan Jember belum bisa dihentikan.  Sebab, wabah tersebut masih tetap menyebar. Untuk itu, butuh penanganan khusus yang terus dilakukan dan didukung semua pihak. PMI Jember mendapat mandat khusus dari Gubenur Jawa Timur. Yaitu, melayani jenazah yang berkaitan (diduga/positif) dengan korona di wilayah Tapal Kuda.

IKLAN

Dengan adanya mandat khusus tersebut, PMI Jember bergerak cepat dengan meluncurkan dua unit mobil ambulans. Satu kendaraan merupakan bantuan dari PMI Jawa Timur, sedangkan satu kendaraan lagi adalah kendaraan PMI Jember yang dimodifikasi secara mandiri.

Ketua PMI Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menyebut, dua unit ambulans jenazah sudah bisa dioperasikan untuk jejaring PMI Jember. Diantaranya, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, dan Jember. “Dalam pengangkutan jenazah pasien terkonfirmasi (diduga/positif) Covid-19, PMI Kabupaten Jember diberi mandat khusus oleh Gubernur Jatim untuk melayani wilayah Tapal Kuda,” tegasnya.

Dua ambulans jenazah Covid-19 bersiaga selama 24 Jam di markas PMI Jember. Termasuk para personil yang mendapat tugas khusus. Dari setiap personil juga dilengkapi alat pelindung diri (APD) apabila bertugas mengangkut jenazah yang masuk kategori orang dalam pantauan dan pasien dalam pengawasan (ODP-ODR). Selain itu, mereka siap melayani jenazah yang positif. “Siap dipanggil untuk melakukan penjemputan di wilayah penugasan tersebut,” imbuh Zaenal.

Para personil yang ditugaskan, menurut Zaenal, juga telah mendapat pelatihan khusus di RSUD dr Soetomo Surabaya. “PMI termasuk sebagai institusi kemanusiaan proaktif dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jember. Kami terus aktif untuk ikut membantu penanganan wabah korona agar bencana nonalam yang melanda seluruh dunia ini segera berakhir,” katanya.

Sementara Koordinator Humas PMI Jember, Gufron Evian Efendi menambahkan, selain sudah menyiapkan dua ambulans dan para driver khusus tersebut, PMI juga tetap berupaya maksimal membantu masyarakat. Misalnya, melakukan penyemprotan sejumlah lokasi, membagikan hand sanitizer, serta menaruhnya di tempat publik, dan beberapa kegiatan lain.

“Pembagian masker, hand sanitizer, dan penyemprotan terus kami lakukan. Selain untuk urusan Covid-19, PMI juga tetap melakukan aktivitas lain seperti donor daran dan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang lain,” papar Gufron.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono