Tebing Sungai Terus Ambrol

Ancam Rumah Warga di Bibir Sungai

SEMAKIN MELEBAR: Sujak, 65, (kaus putih) bersama anggota Polsek Sukorambi saat mengamati tebing Sungai Kali Jompo yang ambrol.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Warga yang tinggal di Dusun Gendir, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, terpaksa deg-deg ser, khususnya yang berada di sisi timur Sungai Kali Jompo, Kecamatan Sukorambi. Salah satunya Sujak, 65. Dirinya mengaku, tanah yang dibelinya beberapa tahun lalu sedikit demi sedikit terkikis karena ambrol. Ambrolnya tebing sungai tersebut juga memutus jalan yang menghubungkan ke Perkebunan Kalijompo.

IKLAN

Jika dirunut ke belakang, tebing sungai tersebut mulai ambrol sejak banjir bandang 2014 hingga sekarang. Sehingga tebing dengan ketinggian sekitar 50 meteran itu sedikit demi sedikit berkurang. “Ambrolnya bukan hanya saat terjadi banjir, tetapi saat musim kemarau kadang ambrol,” ujar Sujak. Bahkan, saat ambrol, warga Dusun Gendir yang tinggal tidak jauh dari lokasi mengira ada gempa. Padahal, getaran itu karena tebing yang ambrol.

Warga pun terpaksa mengevakuasi diri karena khawatir terkena dampak tebing longsor. Awalnya, rumah Munir dan Attun yang ambrol setelah diterjang banjir bandang, sehingga pemiliknya harus pindah ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, rumah Samsul yang jaraknya hanya sekitar tujuh meter dari bibir sungai juga terancam. Tidak jauh dari rumah Samsul ada musala yang biasa digunakan warga untuk salat berjamaah. “Karena jalan yang awalnya selebar empat meter sekarang hanya tinggal setengah meter saja. Kalau terus menerus tebing sungai ini ambrol, tidak menutup kemungkinan rumah Pak Samsul juga terancam ambrol,” lanjut Sujak.

Dirinya berharap kondisi ini bisa segera ditanggulangi. “Karena awalnya aliran sungai itu di sisi barat, misalnya batu-batu itu dipindah ke sisi timur, bisa mengurangi terjangan saat terjadi banjir. Kalau misalnya dikeruk, air bisa mengarah ke selatan, sehingga ketika terjadi banjir tidak menabrak tebing,” pungkasnya.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti