Plengsengan Jebol, 13 Hektare Sawah Terancam Kekeringan

KELUAR JALUR: Belasan hektare sawah di Dusun Glengseran, Suci, Panti, terancam kekeringan karena air yang seharusnya mengalir ke sawah mereka tumpah ke rumah penduduk akibat plengsengannya jebol, Minggu (26/1) sore kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Panti, Minggu (26/01/20) sore kemarin, mengakibatkan plengsengan saluran irigasi di Dusun Glengseran, Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur, jebol.

IKLAN

Akibat jebolnya plengsengan dengan panjang tujuh meter dan ketinggian tiga meter mengkibatkan 13 Hektare sawah terancam kekeringan. Ini setelah air yang ada di saluran tersier itu akhirnya keluar jalur dan mengalir ke saluran lain.

Penyebab jebolnya plengsengan tersebut, karena luapan air dari sawah yang ada di bagian atas plengsengan tak dapat tertampung. Sehingga plengsengan tak kuat menahan arus akibat tingginya debit air tersebut. Dampaknya, selain belasan hektare sawah terancam kekeringan, beberapa rumah dan satu musala sempat terandam banjir.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Rofiq Sugiarto saat turun ke lokasi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PU Bina Marga dan Sumber Daya Air serta Muspika Panti dan pemerintah desa setempat untuk mengatasi problem tersebut. Untuk sementara, guna mengantisipasi terjadinya luapan air dari sawah akan dilakukan kerja bakti memasang pancang yang diberi sak berisi pasir atau tanah.

“Untuk plengsengan yang jebol nanti kami usulkan ke dinas terkait. Karena kalau ini tidak segera dilakukan perbaikan sawah warga terancam. Sementara akibat air yang mengalir ke saluran lain dampaknya puluhan rumah warga juga terendam,” pungkas Rofiq.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih