Relaksasi bagi Pemegang Hak Guna

Hingga Akhir Tahun Ini

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Badan Pertahanan Nasional (BPN) berupaya untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Salah satunya dengan memberikan relaksasi perpanjangan hak guna yang masa berlakunya berakhir selama masa darurat Covid-19. Para pemegang hak dapat memperpanjang haknya hingga akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPN Jember Sugeng Muljo Santoso. Pihaknya memberikan perpanjangan jangka waktu berlakunya hak atas tanah kepada pemegang hak sampai 31 Desember 2020, atas hak yang jangka waktu berlakunya hak berakhir pada masa status tanggap darurat korona. “Hal itu memang dikarenakan kondisi pandemi seperti ini. Misalnya berlakunya sudah habis tahun ini, masih diberi waktu hingga akhir tahun 2020,” ujar Sugeng.

Dia menambahkan, meskipun telat untuk memperpanjangnya, tidak ada masalah. Relaksasi tersebut berlaku bagi seluruh pemegang hak, baik perorangan maupun perusahaan di seluruh sektor. Relaksasi tersebut bertujuan untuk membantu, terutama dunia usaha, agar bertahan selama masa pandemi.

BPN tak ingin ada perusahaan yang terganggu karena hak guna bangunan (HGB) atau hak guna usahanya (HGU) berakhir. “Tetapi juga belum tahu ke depannya apakah pandemi ini segera selesai atau belum. Bisa-bisa kalau masih pandemi hingga tahun depan, batas perpanjangnya bisa terus dilakukan,” imbuh Sugeng.

Selain relaksasi kepada pemegang hak, lanjut Sugeng, pihaknya juga berupaya memberikan pelayanan pertanahan yang prima di tengah pandemi ini. “Yang jelas, selama pandemi, pelayanan kami tetap buka. Juga didukung dengan pelayanan daring. Tetap akan kami pandu untuk pelayanannya,” lanjut Sugeng.

Untuk layanan yang belum dapat dilakukan secara digital atau ada kebutuhan masyarakat yang darurat, BPN Jember tetap memberikan layanan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: