Ngabuburit, Mancing di Sungai Penuh Sampah

APA YANG MAU DIPANCING? Dua orang remaja asyik memancing di Sungai Kaliwining, kemarin (24/4).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dua remaja terlihat santai memancing ikan di anak sungai di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, kemarin (24/4). Kedua pria ini baru tiba di lokasi beberapa menit saja. Lutfi dan Zainuri, nama kedua remaja tersebut, mulai memancing sambil ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Namun, lokasinya sangat mencengangkan. Di anak sungai tersebut, tumpukan sampah tampak di pinggirannya.

IKLAN

Lutfi mengaku sengaja berangkat memancing setelah ibadah salat Asar. Dirinya dan Zainuri berencana memancing hingga menjelang Magrib. “Baru berangkat. Ini belum dapat ikan,” ucapnya.

Dengan beraktivitas seperti ini, menurut Lutfi, akan membantu menjaga daya tahan tubuh sembari menunggu waktu berbuka. “Kalau diam, rasa lapar terasa sekali. Tetapi kalau beraktivitas sepertinya lupa. Tanpa disadari, sudah hampir magrib. Itu pengalaman saya tahun-tahun lalu,” ungkapnya.

Lutfi dan Zainuri yang tengah semangat kemudian duduk berjongkok di sebuah dam pinggir jalan nasional Desa Kaliwining. Namanya juga memancing, pastinya ada keinginan agar kailnya disambar ikan. Lele atau ikan jenis air tawar lain seperti wader.

Tak lama setelah itu, Lutfi menarik cukup kencang pancingnya. Sayangnya, bukannya ikan yang didapat. Kail pancingnya justru dapat sampah. Maklum, sampah di dam ini lumayan banyak. Tak heran, kail pancing bisa tersangkut ke tas kresek atau jenis sampah lain.

Cara ngabuburit yang dilakukan kedua remaja tersebut sebenarnya sudah cukup klasik. Akan tetapi, hal itu cukup efektif untuk melupakan rasa lapar. Bukan rasa laparnya yang hilang, tetapi pikirannya yang lupa karena keasyikan memancing.

Nah, di tengah pandemi Covid seperti sekarang, aktivitas memancing cukup efektif karena tidak berkerumun dengan banyak orang. Kegiatan lain yang biasanya menyenangkan rata-rata juga bisa dilakukan untuk ngabuburit. Bisa ke pantai, mengerjakan sesuatu di rumah, mengajak binatang bermain-main, termasuk mengaji dan berzikir bisa menjadi media untuk ngabuburit. Jangan lupa, menjelang Magrib, hentikan aktivitas, dan mulai berbuka puasa.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti