Swadaya, Warga Perumahan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

KOMPAK CEGAH KORONA: Warga Perumahan Pondok Bedadung Indah melakukan penyemprotan secara mandiri. Selain mencegah korona, upaya ini juga untuk memotivasi warga agar lebih peduli terhadap kesehatan bersama.

SUMBERSARI.RADARJEMBER.ID – Tak hanya pemerintah daerah dan kepolisian, warga juga bergotong-royong mencegah penularan wabah korona (Covid-19). Untuk memutus mata rantai penyebarannya, warga berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektar secara mandiri. Warga melakukannya secara swadaya.

IKLAN

Seperti warga Perumahan Pondok Bedadung Indah, Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Mereka melakukan sterilisasi rumah-rumah warga. Penyemprotan itu awalnya memang hanya beberapa RT saja, tapi nantinya bisa terus meluas ke RT lain secara bergantian.

Penyemprotan bergiliran ini karena alat semprot yang dimiliki terbatas sehingga harus bergantian. “Yang terpenting warga sudah ada inisiatif agar warga perumahan di sini tetap sehat dan bebas dari penyebaran virus krona,” ujar Syaiful Nuri, Ketua RW VII. Dia menambahkan, di perumahan itu ada enam RT yang nantinya didisinfeksi secara bergantian.

Peyemprotan disinfektan secara mandiri diawali dari RT 003/RW VII. Namun sebelumnya, warga sudah melakukannya di Masjid Al Ikhlas yang ada di perumahan. “Saya berharap untuk RT yang lain agar bisa melaksakan penyemprotan disinfektan juga,” imbuhnya.

Di sisi lain, sterilisasi kawasan perumahan itu juga bertujuan untuk memotivasi warga agar meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian tentang kesehatan. Oleh karenanya, Iful meminta agar setiap warga bisa membersihkan halaman rumahnya masing-masing. “Ini juga merupakan salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus korona,” jelasnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih