Sensus Penduduk Daring Jadi Pilihan Warga

BANTU MASYARAKAT: Relawan DPC Rumah Jokowi Jember membuka layanan sensus penduduk daring bagi warga yang mengalami kesulitan saat mengisi data.

JEMBER, RADARJEMBER.ID– Kecanggihan teknologi membuat Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan terobosan dalam hal sensus penduduk (SP). Lembaga negara nonkementerian dan bertanggung jawab langsung kepada presiden tersebut, pada tahun 2020 ini menerapkan pendataan penduduk berbasis daring.

IKLAN

Langkah BPS itu tentu disambut gembira oleh semua pihak, karena sensus ini lebih mudah untuk diikuti dan hal tersebut bisa dilakukan kapanpun di rumah mereka masing-masing.
Namun demikian, tidak semua orang melek teknologi, sehingga mengalami kendala untuk mengikuti sensus penduduk tersebut.

Hal itulah yang melatarbelakangi DPC Rumah Jokowi (RJ) Jember membantu kesulitan mereka saat pengisian data secara daring.
“Dengan senang hati kami akan ikut mengatasi kebingungan warga Jember ketika hendak mengisi data online. Siapapun silakan datang kesini dan semua itu gratis karena kami ingin sensus penduduk ini bisa berjalan lancar,” ungkap Fendik Triyono, Ketua DPC Rumah Jokowi Jember.

Fendik mengatakan, masyarakat cukup datang ke tempat tersebut sambil membawa dokumen kependudukan seperti kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), dokumen pernikahan, dokumen perceraian atau surat kematian.

Farijah, salah seorang warga dan bertempat tinggal tak jauh dari DPC Rumah Jokowi Jember mengatakan, kedatangannya ke tempat itu karena dirinya tidak bisa mengisi data sendiri lewat komputer.
“Saya itu kan sekolahnya tidak terlalu tinggi jadi tidak bisa mengoperasikan komputer. Jadi jalan kesini untuk mengikuti sensus penduduk online,” katanya.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih