Rest Area Jubung Ditutup Sementara

KEMBALI SEPERTI HUTAN: Sejak diberlakukannya kebijakan penutupan sementara di Rest Area Jubung, Selasa (24/3), aktivitas seluruh kafe di area ini menjadi sepi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Anak-anak muda maupun pekerja yang terbiasa nongkrong di Rest Area Jubung, Sikorambi, tampaknya harus mulai menahan diri. Sebab, kawasan ini telah resmi ditutup sementara waktu untuk mencegah wabah virus korona yang dikhawatirkan makin menyebar.

IKLAN

Terhitung sejak Selasa (24/3) kemarin, kawasan ini dikosongkan. Para pecinta kopi dan pemilik kafe diimbau agar sementara waktu tidak melangsungkan aktivitas apa pun hingga batas waktu yang ditentukan.

Meskipun kebijakan lockdown itu diberlakukan hanya tiga hari, namun pemerintah desa setempat memastikan hal itu sudah sesuai prosedur dan pertimbangan matang. “Ini tindak lanjut edaran dari pemerintah, yaitu antisipasi penyebaran virus korona,” kata Kepala Desa Jubung Bhisma Perdana.

Sebelumnya, imbauan dari pemerintah agar tiap warga mengisolasi diri dan mengurangi aktivitas di luar rumah itu dianggap masih kurang efektif. Nyatanya, tempat yang rimbun dengan banyaknya pohon jati itu masih ramai dikunjungi, terutama oleh kalangan pemuda.

Melalui Surat Keputusan (SK) Pemerintah Desa Jubung, Bhisma menegaskan, perihal penutupan sementara Rest Area Jubung itu. “Dua hari ini kita tinjau ulang. Apakah masih perlu atau bagaimana. Sekaligus kami meminta petunjuk kepada pihak terkait mengenai kebijakan ini,” jelasnya.

Selain memberlakukan penutupan sementara di kawasan Rest Area Jubung itu, Pemerintah Desa Jubung berserta Muspika Kecamatan Sukorambi juga melakukan upaya lain untuk menekan persebaran Covid-19 itu. Seperti penyemprotan disinfektan dan pembuatan di wastafel. Semua pihak berharap, upaya tersebut bisa terus didukung oleh masyarakat agar terus berlanjut.

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti