Ganti Kunjungan dengan Video Call

Kunjungan Keluarga Ditutup Sementara

LEPAS KANGEN: Beberapa narapidana melakukan video call dengan keluarganya. Langkah ini dilakukan karena kunjungan keluarga di Lapas Jember sementara ini dihentikan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember membuat kebijakan baru sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Kunjungan keluarga kepada tahanan maupun warga binaan dihentikan sementara. Kebijakan tersebut sudah diterapkan sejak tanggal 23 Maret lalu hingga tanggal 31 Maret mendatang. Kebijakan tersebut sudah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkunham.

IKLAN

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Jember Yandi Suyandi. “Sudah ada surat edarannya dari Ditjen Pas dan kami sudah melakukan itu,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Jember.

Namun, dengan dihentikannya kunjungan keluarga di lapas untuk sementara waktu, pihaknya tidak melepaskan hak-hak tahanan atau narapidana berkomunikasi dengan keluarga. Sebagai gantinya, Ditjen Pas Kemenkumham sudah menginstruksikan kepada masing-masing lapas menerapkan komunikasi melalui video call. “Jadi, kami tetap berikan hak mereka berkomunikasi dengan keluarganya melalui video call. Sarananya sudah kami sediakan,” imbuh Yandi.

Lebih lanjut, jadwal untuk video call bagi tahanan dan narapidana sesuai jadwal kunjungan seperti biasa. Untuk hari Senin, Rabu, dan Jumat, layanan video call diperuntukkan bagi narapidana. Sementara, untuk hari Selasa, Kamis, dan Sabtu bagi mereka tahanan sementara.

Selain penerapan video call untuk sementara waktu, Lapas Jember juga terus menyosialisasikan virus korona kepada narapidana dan tahanan. “Seluruh blok kamar sudah kami semprot disinfektan. Kami juga mulai mandiri menyemprot sendiri,” kata Yandi.

Penyuluhan kesehatan dan kebersihan kamar terus dilakukan tenaga kesehatan Lapas Jember. Bahkan, pihaknya bakal membuat bilik khusus penyemprotan gas disinfektan kepada seluruh tahanan, narapidana, dan karyawan yang keluar masuk lapas. “Kami anjurkan mereka olahraga pagi untuk menjaga kondisi tubuhnya agar terkena sinar matahari pagi,” ucap Yandi.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti