Warga Bangun Jalan Alternatif

BUAT JALAN BARU: Puluhan anggota Polri dan TNI bersama warga Dusun Gendir, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, membuat jalan tembus.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Polri, TNI, Satpol PP bersama warga Dusun Gendir, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, akhirnya melakukan kerja bakti membuat jalan tembus, Senin (24/2) pagi kemarin. Ini dilakukan setelah akses jalan yang menuju Perkebunan Kalijompo longsor. Pembuatan jalan tembus ini terpaksa dilakukan setelah akses utama yang menuju Kalijompo itu putus dan tidak bisa dilewati.

IKLAN

Padahal, sebelum longsor, jalan tersebut bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat. Namun, setelah terkikis banjir dan terus ambrol, jalan tersisa hanya selebar kurang lebih satu meter saja

Sujak, 65, warga setempat, menuturkan bahwa sebelum jalan longsor akibat diterjang banjir bandang, ada dua rumah di bawah yang hancur akibat banjir Sungai Kalijompo. Tebing sungai tidak hanya ambrol karena musim penghujan, tetapi juga dampak dari musim kemarau dan tanah retak.

“Sebenarnya kalau Kalijompo ini banjir, yang terkena ya warga yang rumahnya di sisi timur sungai. Karena tebing itu berada di sungai yang menikung, sehingga saat banjir bandang air menghantam tebing dan mengakibatkan longsor,” ujarnya.

Begitu pula dengan tanah miliknya. Setiap kali terjadi banjir bandang, tanahnya selalu ambrol. Karena itu, dirinya bersama warga membuat jalan alternatif sepanjang 500 meter. Sujak terpaksa merelakan pekarangan rumahnya sebagai jalan umum. “Karena kasihan warga yang mau pulang, biar tidak lewat jalan kecil lagi,” lanjut Sujak.

Sementara itu, Camat Sukorambi Bambang Rudiyanto mengatakan, pembuatan jalan baru ini dilakukan karena akses jalan utama sudah lama longsor. Kerja bakti melibatkan anggota Polsek Sukorambi, Koramil Sukorambi, Satpol PP Kecamatan Sukorambi, dan warga setempat. “Karena masih belum selesai, penyelesaian pembuatan jalan tembus ini dilanjutkan besok (hari ini, Red),” pungkas Rudi.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti