Target Partisipasi Pilkada 72 Persen

DAFTAR: Pemberkasan calon anggota PPK terus dilakukan di Kantor KPU Jember, kemarin (23/1).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kesempatan menjadi panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) tinggal hari ini (24/1). KPU Kabupaten Jember akan menutup proses pendaftarannya sore nanti. Sebab, tanpa diduga antusiasme warga ternyata cukup besar.

IKLAN

Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto menjelaskan, selama pendaftaran anggota PPK dibuka sejak 18 Januari, sudah ada lebih dari 600 orang yang mendaftar. “Besok, pendaftarannya ditutup,” katanya kemarin (23/1).

Melihat banyaknya pendaftar PPK yang datang ke KPU Jember, menurut Susanto, itu membuktikan bahwa antusiasme masyarakat besar. Untuk itu, pendaftaran tersebut diharapkan berdampak pada partisipasi masyarakat nanti. “Dengan antusiasme warga yang mendaftar, harapannya partisipasi masyarakat bisa semakin tinggi,” katanya.

Susanto menyebut, pada pilkada nanti, tingkat partisipasi masyarakat diharapkan bisa mencapai 72 persen. “Sebagai penyelenggara, kami berupaya melaksanakan tahapan sebaik mungkin. Termasuk seleksi PPK yang saat ini sedang berlangsung,” tegasnya.

Bagi warga yang masih berminat untuk ikut mendaftar, bisa langsung mendatangi kantor KPU Jember, mengingat waktunya ditutup hari ini. “Persyaratan disiapkan agar tidak bolak-balik. Nanti semua pendaftar akan mengikuti proses selanjutnya seperti pengecekan administrasi, tes tulis, dan lainnya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, dari ratusan orang yang mendaftar untuk menjadi calon anggota PPK, nantinya akan diambil masing-masing lima anggota untuk setiap kecamatan. Sehingga total ada 155 orang yang akan diterima untuk mengisi 31 kecamatan yang ada di Jember.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti