Rute Gumitir Jadi Tantangan Pembalap

JALAN NAIK: Para pembalap Tour d’Indonesia bersaing ketat saat melewati jalan tanjakan di Kecamatan Mayang, kemarin (22/8), dalam etape keempat.

RADAR JEMBER.ID – Para pembalap Tour d’Indonesia harus melahap rute yang menantang di etape keempat, (22/8) kemarin. Mereka start dari alun-alun, lalu harus melewati jalur tanjakan Gumitir. Selanjutnya, finis di Paltuding pegunungan Ijen, Banyuwangi.

IKLAN

Etape keempat ini memiliki rute sepanjang 151,8 km dengan jalur yang cukup menantang. Seperti tiga tanjakan di pegunungan Ijen, yakni Paltuding Park. Selain itu, sebelum memasuki kawasan Ijen, para pembalap juga melewati jalur Gumitir. Jalan berkelok serta tanjakan naik turun.

Rute di etape keempat ini menjadi favorit para climber. Seperti yang dikatakan pembalap dalam negeri, Abdul Sholeh, dari tim KFC Cycling. “Trek hari ini tanjakannya cukup menantang. Saya lebih fokuskan ke climber. Untuk selanjutnya, saya juga tetap berambisi leading di depan,” jelas cyclist asal Bandung ini.

Selain rintangan di jalur tanjakan, para pembalap juga mewaspadai pergantian cuaca. Sebab, saat start dari Jember pukul 10.00 WIB, cuaca cukup panas. Mereka harus melewati kawasan Gumitir dengan cuaca dingin, lalu memasuki kawasan Ijen yang juga dengan hawa yang dingin. “Saya latihannya di Jogja cuacanya dari dingin ke panas, jadi insyaallah sudah terbiasa,” imbuhnya.

Di etape ketiga rute Batu ke Jember, Abdul Sholeh berhasil finis di peringkat ketujuh. Ia mencapai finis dengan catatan waktu 4 jam 17 menit 14 detik. Satu tingkat di atas rekannya sesama pembalap Indonesia, Odie Purnomo Setiawan di urutan kedelapan. Etape ketiga, menurut Abdul Sholeh, meskipun memiliki rute flat, namun tantangan terberat bagi pembalap adalah cuaca dan angin. “Anginnya cukup kencang,” ujar pembalap yang sempat jatuh di etape pertama lalu ini.

Sementara itu, sang pemimpin klasemen sementara sampai dengan etape ketiga, Angus Lyons, mengaku etape keempat menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya dan semua pembalap. “Etape yang cukup berat. Tapi saya tidak terlalu khawatir,” terang pembalap dari tim Oliver’s Real Food Racing ini.

Setelah menjalani etape keempat kemarin, para pembalap TdI harus bersiap untuk etape terakhir atau yang kelima. Di etape kelima ini, mereka akan memulainya dari Gilimanuk dan finis menuju Kabupaten Bangli, Bali. (*)

 

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi