Atlet Kembar Ikut Turnamen Bridge

MAIN BRIDGE DARING: Si kembar Alya Cinta dan Alya Kasih ketika mengikuti kejuaraan bridge secara daring melalui laptop, beberapa waktu lalu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dua atlet cilik asal Jember masih tetap semangat untuk berlaga di Turnamen Bridge Online Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka adalah Alya Cinta dan Alya Kasih, si kembar yang menjadi andalan kontingen Jember. Keduanya berlaga beserta 275 atlet bridge lain dari 16 kabupaten dan kota serta tiga perguruan tinggi di Jawa Timur, mewakili Kabupaten Jember pada kategori SD.

IKLAN

Kejuaraan bridge digelar secara daring mulai awal Juni lalu hingga 30 Juni mendatang, oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Jawa Timur. Tercatat, total peserta mencapai 52 regu yang terbagi dalam kategori SD, SMP, SMA, Junior KU 21, Junior KU 25, dan Umum KU Bebas. Turnamen ini memperebutkan trofi bergilir Gubernur Jatim untuk kategori umum dan junior, serta trofi bergilir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk kategori pelajar.

Alya Cinta dan Alya Kasih merupakan pelajar SDN Jember Lor 03 yang memang mempunyai ekstrakurikuler bridge. Di turnamen Piala Gubernur Jatim, mereka bersama dua temannya, I Putu Danadyaksa dan Naufalino Pramudhito, tergabung dalam Regu 4 Grade Jelo 3 Jember. Selain regu ini, pada kelompok SD, Jember menurunkan regu Fight Girls dengan pemain Camelia Rizqi, Gadiza Aulia, Ranum Diageng, dan Kaluna Fawwaz.

Menurut Ketua Harian Gabsi Jember Kukuh Wasono tujuan Jember mengikuti turnamen online ini adalah memberikan kegiatan positif dan mengasah kemampuan atlet. Ini mengingat, hampir tidak ada kegiatan latihan yang sifatnya pertemuan dan bertatap muka saat ini. “Bicara target, kami serahkan ke pelatih dan atlet. Yang penting adalah pengalaman tanding. Syukur-syukur bisa juara,” ujar Kukuh.

Di sisi lain, cabor bridge adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler unggulan pada SDN Jember Lor 3. Menurut Kepala SDN Jember Lor 3 Titik Rumini MPd, banyak segi positif yang diperoleh siswa dengan mengikuti ekskul bridge ini.

“Selain mengasah penalaran, bridge juga melatih perilaku siswa dalam menjaga emosi. Yang lebih penting adalah prestasi yang diraih siswa dapat digunakan untuk memilih SMP yang diinginkan setelah lulus jenjang SD,” tambah dia.

Sri Murniati, Ketua Panitia sekaligus Humas Gabsi Jatim, mengatakan bahwa sampai dengan ronde 8 dari 9 ronde babak penyisihan, regu SD Jember ini meraih 53,3 VP (Victory Point) dan berada di peringkat 2. “Pada kategori SD akan diambil 2 peringkat terbaik untuk masuk final dan memperebutkan gelar juara. Regu Jember ini berpeluang besar lolos ke babak final kategori SD atau KU 12,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti