Upacara Melasti Dilakukan Sederhana

SEDERHANA: Suasana upacara Melasti di Pura Swasty Dharma di Desa Sukorejo, Kecamatan Umbulsari, Minggu (22/3) kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pelaksanaan Upacara Melasti di Pura Swasty Dharma, Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari diadakan secara sederhana. Hal ini dilakukan terkait pengumuman dari pemerintah dan imbauan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jawa Timur terkait penyebaran virus korona. Isinya, umat Hindu dilarang mengadakan pawai ogoh-ogoh dan dilarang menggelar kegiatan yang melibatkan massa di tempat umum.

IKLAN

Sebagai informasi, Pura Swasty Dharma di Desa Sukoreno, Umbulsari, adalah salah satu pura dengan umat Hindu terbanyak. Namun, kali ini hanya sekitar seratusan orang yang melakukan upacara Melasti secara sederhana. Biasanya, upacara Melasti dilaksanakan di Pantai Paseban secara besar-besaran.

Menurut Pemangku Umat Hindu dari Pura Swasty Dharma, Sudarmani, walaupun upacara Melasti diadakan di dalam Pura Swasty Dharma dan tidak dilaksanakan di Paseban, hal ini tidak mengurangi kesucian upacara tersebut. Melasti adalah rangkaian upacara umat Hindu di Desa Sukoreno sebelum melaksanakan Catur Brata Penyepian. “Arti Melasti itu sendiri adalah ritual menyucikan buana agung atau alam mayapada dan buana alit atau alam dalam diri manusia itu sendiri,” ujar Sudarmani.

Dirinya menambahkan, dalam prosesi Nyepi kali ini pihaknya juga tidak menggelar arak-arakan ogoh-ogoh pada momen tawur agung. Sementara, ogoh-ogoh akan diadakan di lingkungan pura setempat.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti