Inisiatif Warga Kurangi Kecelakaan

SIGAP: Rofiq kala bertugas menertibkan lalu lintas di simpang tiga Jalan Karimata, Kecamatan Sumbersari.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Jalan di sekitar daerah kampus merupakan daerah yang selalu ramai para mahasiswa, pedagang, maupun pekerja kantoran. Tak jarang terjadi selip dan mengakibatkan kecelakaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagian orang secara sukarela menertibkan lalu lintas. Salah satunya adalah Muhammad Rofiq, 35, warga Kecamatan Kaliwates. Dia bertindak sebagai pengatur lalu lintas di persimpangan Jalan Karimata-Jalan Jawa, tepatnya di depan Radio Prosalina.

IKLAN

Pria ini sudah mengatur arah lalu lintas di lokasi tersebut sejak pertengahan 2018. Rofiq sengaja melakukan hal itu lantaran ingin membantu melancarkan lalu lintas, menjaga keselamatan pengguna jalan, dan menurunkan tingkat kecelakaan di daerah tersebut. “Di sini memang jarang terjadi kecelakaan. Tapi kan lebih baik mengantisipasi supaya tak ada korban,” imbuhnya.

Dalam bertugas sehari-hari, Rofiq dibantu oleh Syaiful, 55, warga Kecamatan Sumbersari. Ayah dua anak ini bertugas pukul 09.00-15.30. Sementara, Syaiful bertugas pukul 07.00-08.00 dan 16.00-21.00.

Rofiq mengaku, pendapatan menjadi pengatur lalu lintas sekitar 40-50 ribu per hari. Angka ini tentu tak sebesar bayangan masyarakat pada umumnya. Apalagi, dia tak pernah menarget pengendara yang melintas di sana “Dikasih ya alhamdulillah, tidak dikasih ya tidak apa-apa. Saya menolong orang, selebihnya biar Tuhan yang menolong saya. Kalau banyak yang mengira di sini dapat uang melimpah, mereka bisa coba sendiri,” tegasnya.

Meski dia dan kawannya sudah meluangkan waktu mengatur arus lalu lintas di tempat tersebut, Rofiq tetap mengimbau para pengendara untuk menaati rambu-rambu lalu lintas. Meski ada pengatur lalu lintas, kecelakaan akan tetap terjadi jika pengguna tak sadar rambu-rambu lalu lintas. “Pengendara harus tetap berhati-hati dan menghargai pengendara lain,” tegasnya.

Selain itu, Rofiq berharap pengatur lalu lintas lain senantiasa diberi kesehatan agar bisa menertibkan jalan dan mengurangi tingkat kecelakaan di Jember.

Reporter : mg1

Fotografer : mg1

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti