Warga Pasang Disinfektan Otomatis

Upaya Mendukung Penanganan Covid-19

AUTO SEMPROT: Dua satpam perumahan GMI memastikan semprotan air disinfektan mengenai seluruh pengendara yang masuk pintu gerbang.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Upaya penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan sejumlah pihak. Selain dilakukan satgas, sumbangan warga juga terus berdatangan. Nah, Perumahan Griya Mangli Indah (GMI), Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, juga tak ketinggalan untuk ikut berperan.

IKLAN

Salah satu langkah yang dilakukan yakni melakukan pencegahan dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Khusus di GMI, cairan tersebut didesain bisa menyemprot secara otomatis. “Alat semprot disinfektan ini disumbang salah satu warga,” kata Hadi, yang berjaga di pos pintu masuk GMI.

Alat semprot disinfektan itu di pasang tepat di atas portal pintu masuk GMI. Dengan demikian, setiap pengendara yang datang dipastikan bakal terkena semprotan cairan disinfektan. “Saat warga lewat, mereka pasti pelan, karena ada portal. Sehingga cairan disinfektan mengenai mereka,” ulasnya.

Penyemprotan disinfektan, menurut dia, akan terus dilakukan sampai wabah Covid-19 mereda. “Siang dan malam terus hidup. Kecuali saat tidak ada yang melintas, misalnya dini hari,” jelasnya.

Menurut dia, alat otomatis yang sebenarnya dirangkai khusus tersebut juga dijaga, sama seperti menjaga pos pintu keluar masuk. Jika Hadi dan Anto harus beristirahat, maka tugasnya bisa diganti oleh lima petugas satpam yang lain. Seperti Rifan Efendi, Ali Nizar, Supriyono, Supriyadi, dan Nurul Huda.

“Jadi, menjaganya bergantian. Karena walaupun alatnya otomatis, saat tidak ada pengendara ya airnya dikecilkan atau dimatikan sementara,” bebernya.

Mereka berharap, wabah korona yang masih cukup mengkhawatirkan bisa segera selesai. “Kami ikut mendoakan agar wabah penyakit ini cepat selesai. Sehingga semua aktivitas bisa normal lagi,” pungkas Hadi.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti