Warga Batasi Kunjungan Tamu

SEMI LOCKDOWN: Warga di daerah Perkebunan Sentol, Kecamatan Panti, memasang plang bertuliskan “R4 Tutup” untuk mencegah persebaran Covid-19 masuk ke daerah mereka.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Cara warga di daerah Perkebunan Sentol, Kecamatan Panti, ini cukup unik untuk mencegah persebaran virus korona. Respons mereka terhadap tanggap Covid-19 tampaknya begitu tinggi. Terbukti saat memasuki kawasan tersebut, para warganya diimbau untuk selalu mengenakan masker.

IKLAN

Menurut penuturan warga setempat, mereka yang tinggal di kawasan tersebut, Dusun Glengseran RT 1-5 RW 09 Desa Suci, Panti, memang sebelumnya tidak ada yang dinyatakan ODP atau PDP. Namun, mereka melakukan untuk menjaga agar Covid-19 benar-benar lenyap dari lingkungan mereka. “Jadi, setiap orang baru mau masuk sini sekarang tidak bisa, kecuali warga sini sendiri,” kata Eis Septiani, salah satu warga Perkebunan Sentol.

Warga yang tinggal di Perkebunan Sentol itu memang cukup banyak. Sebelum ada wabah korona, keluar masuk perkebunan sudah biasa terjadi. Namun, hal itu sudah dibatasi sejak Selasa kemarin. Warga setempat memasang plang penutupan dan seruan untuk memakai masker.

Dengan demikian, warga tidak bisa menerima tamu atau warga dari luar Perumahan Sentol yang hendak pergi ke sana. Sebab, informasinya, penutupan itu akan diberlakukan sampai pada batas waktu aman dari Covid-19. “Mungkin akan diberlakukan sampai korona ini selesai. Semoga saja tidak terlalu lama,” harapnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti