Jangan Lupa, Pemotor Harus Bermasker

Polisi Bagikan Masker dan Nasi Bungkus

GRATIS UNTUK PENGENDARA: Petugas gabungan saat bagi-bagi masker dan nasi bungkus kepada pengendara motor yang melintas di depan Mapolsek Puger, Senin (20/4) kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Para pengendara sepeda motor yang melintas di jalan raya depan Mapolsek Puger mendadak panik saat melihat sekelompok petugas berseragam berdiri di tengah jalan. Terdiri atas petugas Polsek, Polairud, anggota Koramil, dan Pos Angkatan Laut di Puger. Karena mengira ada operasi penertiban, tak sedikit pengendara motor yang balik kanan.

IKLAN

Padahal, keberadaan petugas gabungan yang berdiri di tengah jalan ini untuk melakukan aksi sosial. Petugas bersama sejumlah relawan melakukan aksi kemanusiaan dengan bagi-bagi masker dan nasi bungkus. “Masker yang dibagikan ini khusus untuk pengendara yang masih belum menggunakan masker. Karena dengan menggunakan masker saat berkendara, sudah ikut andil untuk memutus penyebaran virus korona,” ujar Kapolsek Puger AKP Ribut Budiono.

Langkah ini, lanjut dia, akan terus digelar karena masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker. Bahkan, terlihat satu keluarga yang berboncengan, tak ada satu pun yang mengenakan masker.

Hal ini mengindikasikan bahwa masih banyak pengendara motor dan becak motor (bentor) yang belum sadar akan bahaya wabah virus korona ini. Ada juga pengendara yang ketika sudah mendapat masker, tak langsung digunakan. Justru dimasukkan ke dalam sakunya. “Padahal, petugas bagi-bagi masker itu untuk menghindari penyebaran virus korona yang sudah mulai mewabah di Jember ini,” imbuhnya.

Ribut juga mengimbau kepada masyarakat Puger dan sekitarnya untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian jika tidak benar-benar penting. Hal ini mampu mengurangi risiko tertular Covid-19.

Selain membagikan 150 masker dan nasi bungkus, petugas juga melakukan pengecekan suhu tubuh. Satu per satu pengendara motor dicek suhu tubuhnya. “Ketika ada temuan suhu tubuhnya tinggi, yakni di atas 36,5 derajat Celsius, maka petugas akan mengajak masuk ke ruangan khusus,” imbuhnya.

Pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan kepala desa dan dokter Puskesmas Puger. “Makanya, biasakan ketika berkendara sepeda motor atau ke luar rumah, gunakan masker,” pungkas Ribut.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti