Cegah Korona, Pasang Bak Cuci Tangan di Pusat Keramaian

BERSIHKAN TANGAN: Seorng warga memanfaatkan bak cuci tangan yang disediakan Pemkab Jember di alun-alun. Fasilitas ini untuk mencegah penyebaran virus korona.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Pemkab Jember terus berupaya mencegah penularan Covid-19. Agar virus itu tidak merambah kemana-mana, Pemkab Jember memasang bak cuci tangan yang dilengkapi sabun dan tisu di tempat umum.

IKLAN

Saat melakukan tinjauan lapangan, Bupati Jember dr Faida MMR, Sabtu (20/3) malam, menegaskan, penempatan bak cuci tangan di ruang terbuka hijau (RTH) itu merupakan bentuk keseriusan dari Pemkab Jember untuk mengantisipasi penularan virus korona.

“Bak cuci tangan ini kita tempatkan di alun-alun, Pasar Tanjung dan Lapangan Mangli. Ketika tangan kotor maka silakan untuk mencuci tangan di sini,” katanya.

Usai mendampingi orang nomer satu di Kabupaten Jember melihat dari dekat penempatan bak cuci tangan itu, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Jember Gatot Triyono menjelaskan, selain untuk mengantipasi Covid -19, mulai saat ini masyarakat juga diharapkan membiasakan hidup bersih dan sehat.

“Bak cuci tangan ini mampu menampung air sebanyak 550 liter air. Setiap titik tidak sama jumlah bak cuci tangan dan ini disesuaikan dengan tingkat keramaian suatu tempat,” kata Gatot.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kopi Keliling (Kopling) Alun-Alun Jember Kartono, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Faida. Karena di tempat itu sudah dilengkapi fasilitas bak cuci tangan.

“Bak cuci tangan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pedagang kopi di sini. Tangan saya dan teman-teman ini kan gampang kotor karena pegang uang dan harus dibersihkan dengan cara cuci tangan menggunakan sabun,” ucapnya. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih