Jalur Jatiroto –Alun-Alun Jember Ditutup

Jember Dilewati Tour d’Indonesia 2019

RADAR JEMBER.ID – Hari ini,  Jember bakal dilewati ajang acara bergengsi, yakni balap sepeda internasional, Tour d’Indonesia 2019. Jalanan Jember akan dilewati etape ketiga hari ini dan etape keempat besok. Pada etape ketiga, jalur Jatiroto Tanggul – Bangsalsari – Rambipuji – Mangli – Jl. Gajah Mada – Alun-Alun Jember ditutup, mulai pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB.

IKLAN

Sedangkan etape ke empat, jalur yang ditutup  mulai dari Jl. Ahmad Yani – Jl. Letjend Panjaitan – Pakusari – Mayang – Silo – Garahan – Gumitir – Kalibaru.

“Ini pertama kalinya Jember dilewati Tour d’Indonesia. Start pembalap etape ketiga akan berangkat dari Batu sampai Jember. Perkiraan sampai Jember siang harinya,” ujar Aries Bawono, panitia daerah Tour d’Indonesia wilayah Jember.

Di etape kedua kemarin (20/8), para pembalap melewati jalur dari Madiun, Kediri, hingga Kota Batu. Nantinya, jalur yang dilewati Tour d’ Indonesia di Jember ini akan ditutup dari pengguna jalan umum.

Pada etape ketiga, jalan yang dilewati pembalap ditutup mulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB.  Etape keempat mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Para pembalap akan menempuh jarak kurang lebih 44 km di etape pertama, dari Jatiroto menuju Alun-alun Jember. Di etape keempat, dari Jl. Ahmad Yani ke Kalibaru dengan jarak 48,3 km.

“Pembalap Tour d’Indonesia ini berasal dari 26 negara, dengan 100 peserta,” imbuhnya. Di etape pertama, race start dari Candi Borobudur, Magelang ke Alun-Alun Ngawi. Dalam race pertama itu, para pembalap menempuh jarak 186,6 km. Pembalap Oliver’s Real Food Racing, Angus Lyons, asal Australia, mampu menjadi yang tercepat di etape pertama dengan catatan waktu 3 jam 55 menit 58 detik.

Di peringkat kedua, ada nama rider asal Kanada, Ryan Rooth, dari Xspeed United Continental. Peringkat tiga diraih oleh pembalap asal Jerman, Mario Vogt (TSC).

Selain tiga pembalap Eropa tersebut, para pembalap Asia lainnya juga bersaing ketat. Macam Goh Choen Huat (Singapura), Muhammad Abdurrohman (Indonesia), dan Genki Yamamoto (Jepang).

Pembalap Indonesia pun tak mau kalah. Beberapa pembalap unggulan pun masih meramaikan etape kedua dan etape ketiga hari ini. Seperti Aiman Cahyadi dan Selamat Juangga. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi