Mabes Polri Sidak Pos Covid-19

SIDAK: Kombes Pol Awang Joko Rumitro turun ke lapangan untuk meninjau proses pendataan di Pos Covid-19 wilayah hukum Jawa Timur, termasuk Polres Jember.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri meninjau langsung pos Covid-19 yang berada di perbatasan Jember-Lumajang, tepatnya di Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, kemarin (20/5). Inspeksi dilakukan oleh Sekretaris Biro Divpropam Mabes Polri Kombes Pol Awang Joko Rumitro serta tim, dan didampingi Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono serta Wakapolres Jember Kompol Windy Syafutra.

IKLAN

Awang mengapresiasi kesiapanpetugas Pos Covid-19 yang berada di perbatasan Jember ini. “Saya memberi apresiasi kepada pos yang ada di wilayah hukum Polres Jember sangat baik. Warga yang diperiksa menjadi tertib karena dilakukan pengawasan yang cukup ketat oleh petugas gabungan,” tuturnya.

Menurutnya, para pemudik yang mau masuk ke wilayah Kabupaten Jember diwajibkan menjalani pemeriksaan dengan ketat. Apabila ada yang mencurigakan akan langsung dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk. “Pemudik yang diperiksa di pos harus antre dan dilakukan pemeriksaan oleh puluhan petugas medis dari puskesmas yang ditunjuk,” lanjut Awang.

Setelah dilakukan pendataan, warga dari luar kota yang masuk ke Jember langsung diberi gelang warna kuning. Hal ini untuk memudahkan pengawasan di lapangan dan untuk memperjelas bahwa yang bersangkutan berasal dari kabupaten lain.

Namun menurutnya, temuan di lapangan ditemukan masih banyak warga yang kurang sadar untuk menggunakan masker. “Padahal dengan penggunaan masker ketika keluar rumah atau mengendarai motor dan mobil, sudah membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona,” ujar mantan Kapolres Jember ini.

Kesadaran masyarakat untuk memakai masker, lanjut dia, masih cukup rendah. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mengamankan diri sendiri dan orang lain. Yakni dengan cara menjaga kesehatan diri sendiri dan menggunakan masker. “Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada AKBP Aris yang sudah bekerja dengan baik,” pungkasnya, sebelum melanjutkan perjalanan untuk mengecek pos yang ada di wilayah polres lainnya di Jawa Timur.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti