Siap Layani Masyarakat Berbasis Daring

PN Jember Luncurkan E-Litigasi

BERI LAYANAN PRIMA : Pengadilan Negeri (PN) Jember terus berkomitmen memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

RADAR JEMBER.ID – Mahkamah Agung (MA) sudah memasuki usia yang ke-74 pada tanggal 19 Agustus kemarin (19/8). MA memperingati hari ulang tahunnya sekaligus meluncurkan (launching) aplikasi E-Litigasi. Aplikasi ini kelanjutan dari aplikasi E-Court yang sudah diluncurkan terlebih dulu.

IKLAN

Program berbasis elektronik itu akan melayani pendaftaran perkara hingga penyampaian putusan secara daring. Semua gugatan, pembayaran segala biaya, pemberitahuan dan panggilan, sampai penyampaian putusan dilakukan secara digital.

Dengan begitu, E-Litigasi akan diterapkan di peradilan Indonesia. Sebelumnya, aplikasi E-Court dan Eraterang terlebih dulu sudah diberlakukan di lembaga peradilan. Termasuk Pengadilan Negeri (PN) Jember. “Upaya Mahkamah Agung ini untuk mengikuti perkembangan zaman, yang berbasis teknologi. Semata-mata ingin memberikan layanan yang prima kepada masyarakat,” kata Setyanto Hermawan, Ketua PN Jember.

Sebelumnya, dalam rangka HUT Mahkamah Agung yang ke-74, Pengadilan Negeri Jember menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari acara bakti sosial ke salah satu panti asuhan, donor darah, serta jalan sehat serta upacara bersama lembaga peradilan Pengadilan Agama Jember di halaman kantor Pengadilan Negeri Jember. “Tentu dengan aplikasi tersebut, semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus segala keperluan di pengadilan. Sangat efisien sekali. Memangkas biaya, waktu, dan tenaga,” tandasnya. (*)

 

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi